Trik Tambah Pesona, Naikkan Alis Salah Satunya

Meningkatkan pesona dengan menaikkan alis/BBC.COM

PERNAHKAH Anda bertemu dengan seseorang yang mudah sekali bergaul dan mendapatkan teman baru? Apa sebenarnya yang membuat orang itu dapat memikat orang lain? Sejumlah ilmu pengetahuan telah menemukan alasan ilmiah di balik pesona seseorang.

Penelitian membuktikan orang-orang yang kita temui sering menilai kita berdasarkan penampilan. Alexander Todorov, profesor bidang psikologi di Princeton, telah menemukan bahwa seseorang dapat menilai kecakapan, kompetensi serta sifat dapat dipercaya seseorang hanya kurang dari 10 detik setelah melihat penampilan orang itu.

Jika kesan pertama seseorang terhadap Anda sudah terlanjur tidak baik, hal ini masih bisa diubah. Todorov mengungkapkan jika Anda bisa membuat seseorang terkesan, maka orang tersebut cenderung akan melupakan apa yang mereka pikirkan saat pertama kali bertemu dengan Anda.

Mengubah kesan pertama seseorang bisa dilakukan dengan meningkatkan pesona Anda. Seperti dikutip dari BBC, pesona seseorang ternyata dapat ditingkatkan dengan beberapa cara sederhana. Oleh karena itu trik-trik di bawah ini bisa Anda coba untuk meningkatkan pesona Anda.

Menunjukkan wajah bahagia

Anda memang tidak bisa mengontrol bentuk fisik muka Anda, tetapi sangat mungkin untuk tersenyum dan mengubah ekspresi muka Anda. Todorov menggunakan model statistik berbasis data untuk membangun algoritma yang dapat memanipulasi wajah agar terlihat dapat lebih dipercaya.

Menurut penelitian Todorov, ketika seseorang terlihat bahagia, dia menjadi terlihat lebih dapat dipercaya.

Menaikkan alis

Jack Schafer, psikolog dan pensiunan agen khusus FBI, mengatakan bahwa pesona itu bermula dari kilatan alis.

“Tiga hal utama yang kita lakukan saat mendekati seseorang yang menandakan bahwa kita ini tidak berbahaya adalah: menggerakan alis dengan cepat, memiringkan kepala sedikit dan tersenyum,” jelas Schafer.

Ahli setuju bahwa langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah berinteraksi dengan orang tersebut. Artinya, jangan hanya membicarakan tentang diri Anda sendiri.

Memandang mata lawan bicara

Anda tidak dapat memesona jika Anda gagal membuat interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, ketika Anda berbicara dengan seseorang, Anda harus menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan topik pembicaraan.

Salah satu caranya dengan mempertahankan kontak mata. “Jika Anda merasa tidak tertarik, fokuslah pada perbedaan warna iris pada mata mereka. Dengan begitu, Anda akan terlihat seolah-olah tertarik dengan pembicaraan,” jelas Olivia Fox Cabane, pelatih eksekutif dan penulis dari The Charisma Myth.

Menemukan kesamaan

Suzanne de Janasz, profesor manajemen di Seattle University, menyarankan untuk menemukan kesamaan dengan orang yang kita ajak berinteraksi. Hal ini juga harus dilakukan bahkan ketika pendapat Anda dengan orang tersebut berbeda.

“Penelitian menunjukan bahwa ketika orang yang pintar tidak setuju, mereka cenderung mencoba mendengarkan lawan bicaranya dengan sungguh-sungguh daripada menyiapkan sebuah tanggapan,” kata de Janasz.

De Janasz juga menambahkan mungkin saja Anda tidak setuju dengan sebuah pendapat. Tapi dengan pengamatan yang lebih dalam, Anda mungkin dapat menemukan setidaknya sedikit hal yang sesuai dengan prinsip Anda.

Memperhatikan bahasa tubuh lawan bicara

Kunci lain agar dapat disukai adalah dengan mencerminkan bahasa tubuh orang lain. Ketika orang-orang berbicara dan saling mencermikan satu sama lain, ini menandakan sebuah hubungan yang baik.

Contohnya, ketika Anda mengganti posisi saat berbicara dan lawan bicara Anda mengikutinya, itu tandanya interaksi Anda berjalan dengan baik.

Jadi, jika lain kali Anda masuk ke sebuah ruangan yang dipenuhi orang-orang baru, cobalah trik di atas. Setelah melakukan trik-trik di atas, mungkin Anda akan menjadi orang yang paling banyak mendapat kenalan baru. (Annisa Fauziah)***

Baca Juga

Kiat Menulis Lagu ala Kunto Aji

PENYANYI asal Yogyakarta jebolan ajang pencarian bakat Tanah Air, Kunto Aji yang kini masuk dalam jajaran atas solois pria Indonesia membeberkan kiat-kiat menulis lagu.

25 Ponsel Terbaik untuk Video Youtube

JAKARTA, (PR).- YouTube belum lama ini merilis daftar ponsel yang mampu menghadirkan pengalaman video terbaik, terutama untuk aktivitas-aktivitas pembuatan dan berbagi video di laman berbagi video milik Google itu.

Preanger Fest, Ajang Tampil Musisi Lintas Generasi

BANDUNG, (PR).- Mengusung tema Lokal Kudu Vokal, festival musik Preanger Fest siap digelar 13-14 Oktober 2018 di Lapangan PPI Pusenif Jalan WR Supratman Kota Bandung. Lebih dari 40 band akan tampil di tiga panggung selama dua hari.