Lacak Penggemar Rahasia di Instastory

Instagram/REUTERS

INSTAGRAM Story atau biasa disebut dengan Instastory merupakan salah satu cara yang paling populer untuk membagikan setiap momen di media sosial. Instagram melakukan uji coba terhadap fitur barunya di Instastory. Salah satu fitur barunya adalah memberikan informasi siapa penggemar rahasia Anda.

Kali ini, Instagram menguji coba fitur baru yang akan menampilkan pemberitahuan jika seseorang men-screenshot Instastory Anda. Pengguna akan mendapatkan peringatan bertuliskan "Next time you take a screenshot or screen recording, the person who posted the story will be able to see".

Pengguna yang berpartisipasi dalam uji coba ini dapat melihat siapa saja yang mengambil tangkapan layar dari cerita mereka dengan cara membuka daftar pemirsa cerita. Terdapat logo kamera di samping Instastory dan ada informasi siapa saja yang mengambil tangkapan layar Instastory mereka.

Pembuat Instastory tidak akan mendapatkan pemberitahuan khusus saat seseorang men-screenshot Instastory mereka. Hanya saja, akan muncul dalam daftar pemirsa Instastory.

Dilansir TechCrunch, pihak Instagram mengakui adanya pengujian tersebut. "Kami selalu melakukan uji coba fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna Instagram dan membuatnya mudah untuk berbagi setiap momen dengan orang-orang," demikian pernyataan mereka.

Kapan diluncurkan?

Instagram kemungkinan menggunakan uji coba ini untuk melihat apakah fitur tersebut memiliki dampak nyata, sebelum memutuskan apakah mereka akan meluncurkannya ke semua pengguna Instagram atau tidak. Misalnya, jika ada kemungkinan beberapa pengguna yang akhirnya jarang melihat Instastory dengan adanya pemberitahuan tersebut, Instagram akan menunda peluncurannya.

Satu-satunya notifikasi screenshot di Instagram adalah ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari pesan pribadi (direct message). Sebelumnya, siapapun bisa mengambil tangkapan layar foto atau cerita seseorang dengan bebas.

Apalagi, pengguna bisa memutar ulang cerita sebanyak yang mereka inginkan dalam waktu 24 jam. Dan pembuat Instastory tidak dapat mengetahui dengan tepat berapa kali seseorang melihat cerita mereka.

Jika resmi diluncurkan, fitur ini akan membuat Instagram dan Snapchat bersaing kembali. Pada 2011, Snapchat juga meluncurkan fitur yang sama. Perlu diketahui, Instagram dan Snapchat memang dikenal bersaing ketat dalam mengeluarkan konten terbaru mereka. 

Fitur stories awalnya menjadi andalan aplikasi Snapchat. Namun, Snapchat telah tersaingi dengan konten serupa di Instagram. Belakangan, Instagram memang sering menghadirkan fitur-fitur yang mirip Snapchat. Ini membuat Snapchat harus bekerja lebih keras lagi agar tidak mudah ditiru pesaing. Namun kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. (Wizna Hidayati Umam)***

Baca Juga

Suka Duka Berburu Midnight Sale Jelang Lebaran

IDULFITRI sebentar lagi.  Aneka promo disodorkan sebagai tawaran pilihan bagi masya­ra­kat. Tak hanya potongan diskon yang menggiurkan, dibuat juga acara belanja yang menggugah se­lera belanja masyarakat, terutama kaum perempuan.

Ramadhan Jazz Festival Gaungkan Pesan Perdamaian

MENGUSUNG tema Love Unites All, Ramadhan Jazz Festival (RJF) berlangsung meriah. Suguhan apik musik lintas genre membuat ribuan penonton menikmati agenda tahunan kedelapan tersebut.