Bagaimana Membedakan Kopi Berkualitas dan Tidak Berkualitas? Ketahui Dua Hal Ini

Ilustrasi/ANTARA

BAGAIMANA membedakan secangkir kopi yang dibuat dari kopi berkualitas dan tidak berkualitas? Bagi orang yang awam tentang dunia perkopian, pasti belum banyak tahu jawabannya. 

Nah, supaya mengenal lebih dalam perbedaan antara kopi berkualitas atau tidak, bisa mencoba teknik coffee cupping. Sederhananya, ini adalah kegiatan mencicipi berbagai kopi tanpa terlebih dahulu tahu identitasnya.  Kegiatan mencicipi tak hanya mengandalkan indra perasa atau lidah, tetapi juga penciuman atau hidung.

Yang dicicipi pun bukan hanya kopi yang sudah diseduh, tetapi juga kopi dalam bentuk bubuk dan bijinya. Para barista dan roastery dari cafe Koffie Talkie di Jalan Suherman, Garut, mengajak para pecinta kopi melakukan coffee cupping terhadap delapan jenis kopi, Kamis, 1 Februari 2018 malam. Seorang roastery, Dikdik Hamdany mengatakan, perbedaan antara secangkir kopi yang dibuat dari kopi berkualitas atau tidak bisa diketahui dari dua hal berikut ini:
 

1. Aroma

Untuk membedakan kopi berkualitas dan tidak berkualitas, cobalah cium aroma bubuknya sebelum kopi diseduh. Kopi yang tidak berkualitas, pasti berbau apek.

"Akan tercium seperti bau karung, bisa karena terlalu lama di gudang. Ada juga yang bau kapas," ucap Dikdik. 

Sementara, kopi yang berkualitas bagus mengeluarkan aroma harum. Pada beberapa jenis kopi, mengeluarkan aroma buah dan bunga. Contohnya kopi yirgacheffe asal Ethiopia yang beraroma bunga. 

 

2. Rasa

Ini adalah hal utama yang bisa membedakan kopi berkualitas baik dan tidak baik. Dikdik sengaja menyelipkan satu kopi berkualitas tidak baik diantara delapan cangkir kopi saat coffee cupping. 

Pada cangkir kopi terakhir, semua yang mencicipi mengatakan rasa kopi tersebut tak enak. "Rasanya seperti rasa obat," kata Citra, seorang penikmat kopi yang datang saat coffee cupping. 

Benar saja, kopi tersebut memang berasal dari biji kopi yang tidak berkualitas. Disebut tidak berkualitas karena diambil dari buah kopi yang masih hijau. Bisa juga karena buah kopinya terserang hama. 

Jenis keasaman kopi juga bisa menunjukkan kualitas kopi. Ari, seorang bartender mengatakan, kopi yang asamnya segar dan bisa diterima di lidah berarti berkualitas baik.

Contohnya, kopi dari Cibodas, Kabupaten Bandung, yang disajikan pada coffee cupping. Kopi ini memiliki rasa asam layaknya buah tropis. 

Sementara kopi yang kualitasnya buruk memiliki rasa asam seperti cuka. Rasa tersebut biasanya tak bisa diterima lidah.***

Baca Juga

Sirkus Dreamland, Suguhan Aksi Akrobat yang Berbeda

DIKEMAS kisah bocah perempuan Keira, pertunjukan sirkus Dreamland hadir di Trans Studio Bandung Jalan Gatot Subroto Kota Bandung. Sirkus yang menampilkan lima aksi mendebarkan ini dimulai pada 14 Juni sampai 14 Juli 2018 mendatang.

Empat Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Piring

PERNAHKAN Anda mencuci piring tanpa sabun?  Atau pernahkah Anda suatu waktu kehabisan sabun saat akan mencuci piring? Tentu saja hal tersebut pernah Anda alami.