Aplikasi Ini Ternyata Bisa Menemukan Siapa Kembaran Anda

ILUSTRASI/REUTERS
Cameron dan Tyler Winklevoss.*

Percayakah Anda, ternyata Anda punya kembaran? Sudah banyak aplikasi di ponsel pintar yang mempunyai fitur pengenalan wajah. Namun, kali ini aplikasi Google Arts & Culture memperkenalkan fitur baru yang termasuk ada dalam aplikasi ini. Fitur ini menjamin kamu untuk menemukan doppelganger yang ada di karya seni dari lebih 1.200 museum di 70 negara.

Doppelganger merupakan istilah untuk menunjukkan bayangan diri atau dalam fitur ini kembaran seseorang yang ada dalam karya seni. Walaupun aplikasi Google Arts & Culture ini sudah ada sejak 2016, fitur baru tersebut baru dirilis pada pembaharuan terakhirnya di pertengahan Desember kemarin.

Dikutip dari The Washington Post, juru bicara Google Patrick Lenihan mengatakan bahwa fitur baru aplikasi tersebut muncul dari seseorang tahun lalu. Ide itu pun dimasukkan ke aplikasi dengan sedikit tambahan lainnya. Menurut Lenihan, popularitas aplikasi ini juga sedang naik daun.

“Kami selalu berusaha mencoba mencari sesuatu yang bagus dan menarik agar orang-orang tertarik dengan karya seni, dan ini adalah salah satunya,” ujar Lenihan.

Beberapa hari ini, banyak orang, termasuk artis yang membagikan hasil pencariannya di media social. Para artis yang menggunakan fitur ini pun membantu aplikasi Google Art & Culture naik urutan di App Store di kategori aplikasi gratis terbanyak diunduh.

Beberapa pengguna fitur ini senang dengan hasil pencariannya. Pengguna bisa menemukan wajah yang sangat mirip dengan pengguna fitur. Tidak hanya itu, persentase kemiripan pun disebutkan dalam aplikasi ini. Seperti yang dialami oleh seorang komedian Kumail Nanjiani yang mendapatkan hasil 59 persen cocok dengan potret dari Mohammed Al Mazrouie dari Barjeel Art Foundation di Arab.

Tidak hanya itu, musisi Pete Wentz dan aktris Felicia Day juga merasa cukup puas dengan hasil yang mereka dapatkan. Wents merasa puas dengan hasilnya yang menunjukkan 40 persen cocok dengan potret dari Rembrandt.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah mencoba menggunakan aplikasi ini? Apakah kembaran Anda juga ternyata ada di karya-karya seni ini? Selamat menemukan doppelganger Anda! (Ines Anggun)***

Baca Juga

Lukisan dengan Efek Emosional ala Paula Modersohn-Becker

GOOGLE merayakan Hari Ulang Tahun Paula Modersohn-Becker hari ini. Pelukis ekspresionis terkenal yang berasal dari Jerman ini lahir tahun 1876. Karya-karyanya menjadi saksi keberaniannya, ketegasannya, dan ambisinya.