Katy Jurado Pernah Tolak Cinta Frank Sinatra

Katy Jurado/LA TIMES

SEBUAH kehormatan untuk masyarakat Meksiko. Selasa 16 Januari 2018 ini, Google menghormati aktris besar dari negara sombrero itu dengan mengangkat Katy Jurado sebagai doodlenya.

Bagi kita warga Indonesia, nama Katy Jurado mungkin terdengar sangat asing. Meskipun demikian, di negaranya, Katy bak pahlawan besar. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang mampu menembus Holywood dan dikenal secara luas di dunia lewat layar perak.

Yang paling fenomenal, Katy adalah aktris Meksiko pertama peraih Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Ia juga mendapat pengakuan dunia dengan penghargaan Silver Ariel dan beberapa nominasi Academy Awards.

Hari ini, Google memperingati ulang tahun Katy yang ke-94. Perempuan jelita ini lahir di Guadalajara, Meksiko, pada 6 Januari 1924. Katy Jurado meninggal Cuernavaca Meksiko, pada 5 Juli 2002, pada usia 78 tahun. 

Semasa muda, Katy terkenal sangat jelita. Bayangan untuk masa kini, mungkin setara dengan kecantikan Salma Hayek. Paras khas Meksikonya membuat banyak pria jatuh hati. Salah satunya adalah penyanyi sekaligus aktor terkenal Frank Sinatra.

Sinatra yang jatuh hati sempat mengutarakan cintanya pada Katy. Namun, pernyataan cintanya tak berbalas manis. Katy menolaknya dan mengajaknya untuk berteman biasa.

Tak hanya Frank Sinatra yang terpikat, tapi juga Marlon Brando. Meskipun demikian, dalam biografi Katy tak disebutkan hubungan lebih jauh dengan Marlon Brando, tapi sebatas teman baik karena bertemu dalam beberapa film yang diperankannya.

13 fakta Katy Jurado

Berikut adalah 13 fakta menarik tantang Katy Jurado yang tak banyak diketahui publik, seperti dikutip dari IMDB:

1. Katy Jurado memperoleh 22 pound dalam 22 hari untuk memainkan peran Annie Lightcloud dalam film "Stay Away, Joe" (1968). Beberapa hari sebelum syuting, tulang kakinya sempat patah dan melepaskan pemerannya sebelum waktunya. Katy menjelaskan bahwa dia lemas selama bermain film tersebut.

2. Mantan suaminya, Ernest Borgnine, menyebut Katy sebagai perempuan "cantik, tapi macan". Sebutan itu merujuk pada keelokan wajah Katy namun di saat yang sama dia juga keras dan "liar".

3. Talenta Katy pertama kali ditemukan oleh sutradara film Budd Boetticher pada tahun 1951. Saat itu, Budd yang tengah di Mexico untuk syuting film "Bullfighter dan Lady" (1951), melihat Katy duduk di arena adu banteng. Katy kemudian mendapat peran kecil pada film itu gara-gara ada kata yang tak dimengerti sang sutradara dalam bahasa Inggris.

4. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang dinominasikan untuk Academy Award. Yang kedua setelah dia adalah Salma Hayek pada tahun 2003.

5. Pemain film Meksiko yang juga penyanyi Jorge Negrete adalah ayah angkatnya. Jorge Negrete terkenal di negeri sombrero itu pada rentang tahun 1940-1950.

6. Suami Katy Jurado, Ernest Borgnine, menjuluki istrinya sebabagi "bullito" yang berarti "banteng kecil".

7. Paul Kohner (suami of Lupita Tovar) adalah agennya di dunia hiburan. Lupita Tovar adalah aktris cantik asal Meksiko yang terkenal pada tahun 1930-an.

8. Kecantikan Katy menarik perhatian Frank Sinatra yang ingin memacarinya. Meskipun demikian, Katy menolak pernyataan cinta Frank Sinatra dan menawarkannya untuk menjadi teman.

9. Selama di Holywood, Katy Jurado berkawan baik dengan aktor Sammy Davis Jr., Burt Lancaster, John Wayne, Frank Sinatra, dan Marlon Brando.

10. Saat syuting film "Barrio de Campeones" (1981) dia menerima kabar bahwa putranya, Victor Hugo Velazquez, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Montemorelos, Nuevo León.

11. Dalam film "High Noon" (1952), Katy Jurado adalah yang pertama dari 4 aktris yang memenangi Golden Globe untuk Aktris Pendukung Terbaik dalam film tanpa menerima nominasi Oscar untuk pertunjukan yang sama. Ketiga aktris lainnya itu adalah Hermione Gingold di film "Gigi" (1958), Karen Black di film "The Great Gatsby" (1974), dan Katharine Ross dalam film "Voyage of the Damned" (1976).

12. Umur Katy terpaut empat tahun lebih tua dari George Maharis, yang bermain memerankan anaknya dalam film "A Covenant with Death".

13. Nama Katy Jurado jika dilafalkan adalah: Kaytee Hur Ah Doe. Jangan salah ya...***

Baca Juga

5 Film Terbaik Karya Georges Méliès

TEPAT 3 Mei, 106 tahun lalu, pesulap atau ilusionis sekaligus sutradara besar asal Perancis Georges Méliès merilis mahakaryanya yang berjudul À la conquête du pôle (The Conquest of the Pole).

Inilah 5 Peta Termahal Karya Abraham Ortelius

NAMA Abraham Ortelius dikenal dunia sebagai kartografer ulung. Berkat Ortelius lah, dunia mengenal kumpulan peta berbagai wilayah dunia yang dibundel menjadi sebuah buku bertitel "Atlas".

Film Ananta, Tania di Antara Pierre dan Anta

SEJAK ayahnya meninggal, hidup Tania (Michelle Ziudith) seperti dikurung awan kelabu. Dia selalu cemberut, judes, dan arogan dengan lingkungan sekitarnya.

Deadpool 2, Kocak dengan Syarat [Spoiler-Free]

MENERTAWAKAN lelucon dalam Film Deadpool 2 sungguh menyegarkan dan melegakan. Seperti meneguk teh manis dingin setelah menyantap semangkuk bakso dengan sambal level 5.