7 Fakta di Balik Film Dilan yang Tayang 25 Januari 2018

Instagram falconpictures_

FILM Dilan segera tayang di bioskop 25 Januari 2018 ini. Mengangkat tema percintaan remaja yang duduk di bangku SMA, kisah Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) jadi inti alur ceritanya.

Sebelum menikmati filmnya, ayo simak 8 fakta menarik di balik film Dilan yang dirangkum Pikiran Rakyat.

1. Siapa Dilan dan Milea di kisah nyata?

Banyak pembaca yang bertanya-tanya apakah kisah Dilan dan Milea ini adalah kisah nyata atau fiktif belaka. Bahkan ada yang menyangka bahwa sosok Dilan adalah sosok penulis novel Pidi Baiq.

“Ini kisah nyata, data-datanya saya dapat dari Milea. Enaknya nulis buku Dilan tuh gini datanya sudah ada saya tinggal nulis saja,” tutur Pidi Baiq. Ia mengakui hal itu dalam acara bedah buku Dilan bersama XTC  di Bandung tahun lalu.

2. Vanessa Prescilla perankan Milea sebelum film Dilan

Vanessa, gadis kelahiran tahun 1999 merupakan adik kandung aktris Sissy Priscillia. Ia sempat mengikuti ajang Gadis Sampul pada tahun 2014.

Vanessa dipilih sendiri oleh Pidi Baiq untuk memerankan sosok Milea  dalam debut awalnya di film. Sebelum pemilihan pemeran dalam film Dilan, Vanessa sudah berperan sebagai Milea dalam video klip Voor Dilan. Video klip itu diunggah di akun Youtube resmi milik ThePanasdalam Agustus 2016. Jauh sebelum film ini dirancang.

Latar belakang Pidi Baiq memilih Vanessa karena wajah yang mirip dengan sosok Milea. Selain itu sosoknya pun sama dengan Milea dalam buku, yang merupakan gadis kelas 2 SMA berasal dari Jakarta.  Kesamaan lain antara Vanessa dan Milea adalah sang ibu yang merupakan penyanyi tahun 80-an.

3. Lokasi syuting di Bandung

Dalam produksi film Dilan, semua hal dibuat semirip mungkin dengan yang ditulis dalam novel dan kisah aslinya. Termasuk seluruh setting lokasi pengambilan gambar yang dilakukan di Kota Bandung.

Lokasi-lokasi yang digunakan dalam film ini diantaranya adalah kawasan Cibeunying dan Cilaki yang dinamai jalan Milea dalam novel aslinya. Selain itu juga di Jalan Natuna, Jalan Kancra, SMAN 20 Bandung, kawasan Asia Afrika, dll.

 

4. Pro kontra Iqbaal sebagai pemeran sosok Dilan

Semenjak tim produksi film Dilan mengumumkan para pemerannya, pro kontra mulai bermunculan. Banyak penggemar novel yang tidak setuju dengan pemilihan Iqbaal sebagai pemeran Dilan. Menurut mereka Iqbaal tidak menggambarkan sosok remaja bad boy seperti karakter Dilan.

Selain itu para penggemar menganggap Iqbaal kurang pas saat  membawakan dialog-dialog romantis. Padahal dialog-dialog tersebut yang membuat sosok Dilan dan novel ini menarik. Berikut adalah komentar para penggemar yang merasa kecewa setelah menyaksikan trailer film Dilan.

 

 

 

Bahkan salah satu penulis Fiersa Besari dalam akun Twitter-nya @FiersaBesari memberikan kritik yang diduga ditujukan untuk film Dilan. Pasalnya cuitan ini diunggah pada tanggal 13 Desember bertepatan dengan diluncurkannya trailer Film Dilan.

 

 

Namun penyanyi Anji dalam akunnya @duniamanji  memberikan pembelaan terhadap Pidi Baiq atas penilaian para penggemar.

 

Tak sampai di situ, setelah rilis trailer film Dilan langsung menuai berbagai komentar pro maupun kontra di dunia maya. Ratusan cuitan masuk ke akun pribadi milik Pidi Baiq untuk memberikan komentar dan kritiknya.

 

Kebanyakan komentar membahas mengenai tokoh Dilan yang diperankan oleh Iqbaal. Bahkan masyarakat membuat tagar #DilanBandel karena Iqbaal dianggap kurang bad boy dalam memerankan tokoh Dilan. Berikut adalah kelucuan masyarakat dalam tagar #DilanBandel

 

 

5. Film Iqbaal sebelum Dilan

Berbeda dengan Vanessa yang baru memulai kariernya dalam dunia perfilman. Bagi Iqbaal film Dilan merupakan film ke-5 yang ia perankan.

Sebelumnya Iqbaal pernah memerankan beberapa karakter Trapani di Musikal Laskar Pelangi (2010-2011). Kemudian ia juga berakting dalam fim berikut; 5 Elang (2011), Comic 8 (2013), CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu (2015), Ada Cinta Di SMA (2016), dan terakhir dalam Dilan (2018).

6. Pidi Baiq menulis soundtrack film Dilan

Tidak hanya jalan cerita dan pemeran yang Pidi Baiq pilih sendiri dalam produksinya. Bahkan untuk urusan soundtrack film, Pidi Baiq menulisnya sendiri.

Sedikitnya tiga judul lagu yang di bocorkan menjadi soundtrack film tersebut. Di antaranya adalah Voor Dilan, Voor Dilan (Kaulah Ahlinya Bagiku) dan Dulu Kita Masih SMA.

7. Adaptasi novel best seller

Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 merupakan karya Pidi Baiq. 

Novel ini sampai dicetak 18 kali. Selain rilisan fisik, e-book-nya pun sempat menjadi judul yang paling banyak diunduh melalui PlayStore.(Saedatul Faridah)***

Baca Juga

Dilan dan Milea Sihir Cihampelas Walk

BANDUNG, (PR).- Para pemain film Dilan 1990 menyapa para penggemarnya di acara Meet and Greet, Rabu 17 Januari 2018. Acara yang digelar di Cihampelas Walk, Kota Bandung itu disesaki para fans yang mayoritas perempuan.