10 Film Fenomenal Marlene Dietrich

Marlene Dietrich/NATIONAL PORTRAIT GALLERY

MARLENE Dietrich dikenal sebagai seorang aktris sekaligus penyanyi bersuara rendah keturunan Amerika-Jerman. Data menyebut, ada sedikitnya 57 film yang telah ia bintangi selama kariernya sejak 1923.

Marlene Dietrich yang bernama lengkap Maria Magdalene Dietrich lahir hari ini, 27 Desember, 116 tahun silam di Berlin Jerman. Kiprah Marlene dalam dunia hiburan membuat ia sangat terkenal pada zamannya. Melalui film-filmnya, ia menjadi sosok yang sangat dipuja karena berparas jelita dan bsersuara seksi.

Google bahkan memajangnya sebagai doodle pada Rabu 27 Desember 2017 ini sebagai penghargaan atas dedikasi Marlene pada dunia hiburan. Dalam doodlenya, Google menggambarkan sosok Marlene yang khas dan identik dengan gaya androgininya.

Berikut adalah 10 film fenomenal yang diperankan Marlene Dietrich selama 61 tahun kiprahnya di dunia hiburan seperti dikutip IMDB:

1. Judgment at Nuremberg (1961)

Film ini berlatar pada tahun 1948. Sebuah pengadilan Amerika di Jerman diduduki empat hakim Nazi yang menggelar kasus kejahatan perang. Film disutradarai Stanley Kramer, dan dibintangi Spencer Tracy, Burt Lancaster, Richard Widmark, selain Marlene Dietrich tentunya.

2. Witness for the Prosecution (1957)

Seorang pengacara veteran asal Inggris harus membela kliennya dalam sebuah percobaan pembunuhan yang mengejutkan. Sutradara film ini adalah Billy Wilder dengan bintang film Tyrone Power, Marlene Dietrich, Charles Laughton, dan Elsa Lanchester.

3. Dishonored (1931)

Dishonored yang disutradarai Josef von Sternberg bercerita tentang agen rahasia Austria yang mengirim agennya yang paling menggoda ke Rusia. Selain Marlene, film ini dibintangi Victor McLaglen, Gustav von Seyffertitz, dan Warner Oland.

4. Morocco (1930)

Film ini bercerita tantang penyanyi kabaret dan seorang Legionnaire yang jatuh cinta. Sayangnya, hubungan mereka diperumit oleh kemunculan pria kaya yang menginginkan penyanyi tersebut. Sutradara Josef von Sternberg membuat film ini menjadi sangat diingat oleh Holywood karena menjadi salah satu tonggak keberhasilan mereka. Film ini dibintangi oleh Gary Cooper, Adolphe Menjou, dan Ullrich Haupt.

5. The Spoilers (1942)

Di Nome, Alaska, penambang Roy Glennister dan rekannya Dextry, dibiayai oleh penghibur salon Cherry Malotte. Di film ini, mereka kemudian berjuang untuk menyelamatkan klaim emas mereka dari penjahat bernama Alexander McNamara. Sutradara Ray Enright menghadirkan sejumlah bintang film selain Marlene Dietrich yaitu Randolph Scott, John Wayne, dan Margaret Lindsay.

6. Destry Rides Again (1939)

Saat barat yang sulit dijinakkan, maka seorang pria pendiam kemudian ditugaskan sheriff yang keras kepala untuk melakukan pekerjaan itu. Destry Rides Again disutradarai George Marshall dan dibintangi James Stewart, Mischa Auer, dan Charles Winninger.

7. Manpower (1941)

Dua teman karib dipekerjakan oleh perusahaan listrik Los Angeles untuk mengembalikan tenaga listrik. Namun, di sisi lain, mereka juga berjuang untuk perempuan yang sama. Sutradara Raoul Walsh menghadirkan Edward G. Robinson, George Raft, dan Alan Hale, selain Marlene.

8. Blonde Venus (1932)

Seorang penyanyi kabaret membawa seorang jutawan untuk membayar operasi suaminya yang sakit parah. Penyanyi kabaret membawa seorang jutawan untuk membayar operasi suaminya itu. Sutradara Josef von Sternberg yang berulang kali bekerja sama dengan Marlene juga menghadirkan Cary Grant, Herbert Marshall, dan Dickie Moore sebagai bintangnya.

9. Rancho Notorious (1952)

Setelah pembunuhan tunangannya, seorrang peternak asal Wyoming kemudian bersiap untuk menemukan pembunuhnya. Film bernuansa thriller ini disutradarai Fritz Lang dengan bintang Marlene Dietrich, Arthur Kennedy, Mel Ferrer, dan Gloria Henry.

10. Touch of Evil (1958)

Film ini berkisah tentang pembunuhan, penculikan, dan korupsi polisi yang mengerikan di sebuah kota perbatasan Meksiko. Film disutradarai Orson Welles dan dibintangi Charlton Heston, Orson Welles, Janet Leigh, dan Joseph Calleia.***

Baca Juga

Katy Jurado Pernah Tolak Cinta Frank Sinatra

SEBUAH kehormatan untuk masyarakat Meksiko. Selasa 16 Januari 2018 ini, Google menghormati aktris besar dari negara sombrero itu dengan mengangkat Katy Jurado sebagai doodlenya.

Lima Film Terbaik Katy Jurado Sang "Femme Fatale"

Sebagai seorang wanita asal Amerika Latin, Katy Jurado sukses berkarier di layar Hollywood. Kala itu di tahun 1951, ia bahkan menjadi aktris Amerika Latin pertama yang meraih Golden Globe Award.