Cara Tetap Produktif Saat Senggang di Kantor

Ilustrasi/REUTERS

TERKADANG ada hari dimana pekerjaan di kantor tidak sesibuk biasanya. Tidak ada pekerjaan yang dilakukan, membuat waktu senggang di kantor menjadi lebih banyak. 

Daripada hanya sekedar menghabiskan waktu dengan mengakses media sosial, kesempatan waktu senggang seperti itu bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif. Jika biasanya kesibukan bekerja menyita waktu Anda untuk merencanakan dan menata, maka gunakan kesempatan di waktu senggang untuk melakukannya.

Seperti dilansir Jobstreet.com, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di waktu senggang kantor agar Anda tetap produktif.

1. Get Organised

Kota masuk di email Anda terlalu penuh? Manfaatkan waktu senggang untuk membersihkan email. Buatlah folder-folder yang tepat untuk email yang ingin anda simpan, hapus junk mail, juga rapikan file-file yang ada di komputer Anda.

Hal ini tidak hanya akan memudahkan Anda untuk mengakses file-file tersebut di kemudian hari. Namun juga menambah daya simpan dan mempercepat komputer Anda. Mungkin Anda akan terkejut betapa banyak file-file sampah yang ada di email dan komputer.

2. Bersihkan Meja Anda

Menumpuknya pekerjaan, membuat meja kerja cenderung berantakan. Pekerjaan yang menyita waktu, membuat bermacam-maca kertas, majalah, hingga brosur menumpuk tak beraturan di atas meja. Kebanyakan tumpukan tersebut mungkin akan ada disana berbulan-bulan.

Ketika memiliki waktu senggang di kantor, segera bersihkan meja Anda. Buang kertas-kertas yang tidak digunakan, dan tata tempat kerja Anda sedemikian rupa. Hasilnya, akan seperti menjadi meja kerja baru.

3. Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan Minggu Depan

Merencanakan beban kerja Anda jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk memastikan tidak ada tugas penting yang terlewat. Manfaatkan waktu senggang dengan membuat daftar pekerjaan Anda untuk pekan depan.

Menyiapkan daftar tugas Anda untuk minggu berikutnya juga akan membantu Anda untuk bersiap secara mental, dan mengantisipasi agar semua hal berjalan lancar.

4. Perbarui Catatan Pencapaian Anda 

Jika Anda belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian Anda selama ini. Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, akan tetapi juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang.

Dengan membuat daftar pencapaian secara berkala, adalah pengingat yang baik mengenai sampai sejauh apa Anda saat ini dari sejak memulai karier.

5. Belajar Keterampilan Baru

Proses belajar tidak akan berakhir, dan mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk pengembangan kemampuan diri, dan juga untuk perusahaan. Diantaranya dengan belajar melalui platform daring (online) yang menyediakan berbagai tutorial.

6. Tinjau Perkembangan Karier Anda

Membuat daftar kemajuan karier Anda itu penting. Evaluasi apa yang telah Anda pelajari dan capai sejak Anda memulai pekerjaan Anda saat ini dan refleksikan apakah Anda menuju kearah yang tepat.

Jika ternyata Anda stagnan sepanjang karier, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri sendiri apa yang menjadi penyebabnya dan mulai mendaftar tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar.***

Baca Juga

Sergei Eisenstein, Sang Bapak Montase

Dalam pembuatan film, montase merupakan salah satu teknik pengeditan yang populer digunakan untuk menggambarkan kisah dalam rentang waktu tertentu, dengan durasi yang singkat.

Tulus: 2017 Tahun Kerja Keras dan Kolaborasi

MUSISI Muhammad Tulus Rusydi (30) menganggap 2017 sebagai tahun kerja keras yang dilaluinya bersama tim, untuk berkiprah dalam dunia musik dan berkegiatan kemasyarakatan.