Ini Sejumlah Fakta Menarik di Balik Trisomy 13

Instagram adamfabumi

SEJAK usia kehamilannya lima bulan Ratih Megasari, seorang ibu di Jakarta didiagnosa mengandung janin dengan sindrom dandy-walker. Saat bayinya Adam Fabumi lahir, sindrom tersebut berkaitan dengan kasus selanjutnya. Adam divonis mengidap sindrom patau dan trisomy 13. Setelah enam bulan berjuang hidup, Adam meninggal dunia Rabu 22 November 2017.

Konon, dokter sudah memberi tahu Ratih bahwa anak dengan trisomy 13 tidak dapat hidup lebih dari usia 1 tahun. Namun, Ratih dan suaminya Ludi gigih merawat Adam, dan percaya kasusnya kali ini berbeda.

“Bahwa kita tidak percaya (umur trisomy 13 tidak panjang). Ini gak mungkin sama dengan sebelum-sebelumnya,” kata Ludi, seperti dikutip dari video musik RAN “Melawan Dunia”. Untuk diketahui, kisah Ratih, Ludi, dan Adam jadi latar belakang pembuatan video musik tersebut. Video itu baru dirilis dua hari jelang kepergian Adam.

“Maksudnya kita mau mematahkan apa kata dokter apa kata literatur. Yang sudah mengatakan trisomy 13 itu umurnya tidak panjang,” ujar Ratih menimpali.

Berikut ini sejumlah fakta terkait trisomy 13 yang dirangkum Pikiran Rakyat, dari berbagai sumber.

1. Kelainan kromosom


Dikenal juga sebagai sindrom patau. Ketika manusia terbentuk di dalam rahim seorang ibu, seharusnya ada dua salinan kromosom. Manusia memiliki total 23 pasang kromosom. Kenapa namanya trisomi 13, yakni karena ada salinan ketiga dari kromosom yang hadir.

2. Satu dari 21.000


Adam Fabumi merupakan seorang bayi yang spesial. Karena kasus ini terjadi kepada satu dari 21.000 kelahiran bayi. Meskipun banyak periset meyakini bahwa tingkat kejadian sebenarnya lebih tinggi dari data statistik. Pada umumnya, bayi trisomy 13 gugur atau lahir dalam keadaan meninggal.

3. Usia yang singkat


Umur seseorang hanya Tuhan yang tahu. Namun, sebagian besar anak dengan sindrom ini diriwayatkan Tidak ada pengetahuan mengapa beberapa anak dengan Trisomi 13 dapat bertahan untuk jangka waktu sementara yang lain tidak dapat melakukannya.

Riset membuktikan hanya 5% anak trisomy 13 yang hidup hingga perayaan ulang tahun mereka.

4. Jari ekstra


Adam Fabumi lahir dengan enam jari kaki dan tangan. Begitu juga dengan anak lain dengan sindrom ini. Situs Health Research Funding menyebutkan, sindrom ini tidak mengenal etnis atau ras. Namun, umumnya diderita bayi laki-laki di dunia.

5. Diiringi sejumlah penyakit


Adam mengalami sumbing di dalam, juga kesulitan bernapas sehingga membutuhkan bantuan ventilator. Anak dengan trisomy 13 juga biasanya mengalami tangan terjepit, mata menutup, hernia,  hidrosepalus, dan lainnya.***

Baca Juga

#KlipingPR Ini 10 Lagu Terpopuler Tahun 1987

30 November 1987. Akhir tahun saatnya membuat rekapitulasi lagu apa yang paling sering kamu dengar setahun ini. Pada tahun 1987, inilah 10 lagu terpopuler saat itu.