Cara Sembunyi dari Hukum ala Koruptor Drama Korea, Adakah yang Mirip Kasus di Indonesia?

Salah satu adegan drama Korea Whisper/PBS

UNTUK menghindari jerat hukum, ada yang berupaya menikahi anak hakim, ada yang berlindung di balik kekayaan istri, ada juga yang memanfaatkan jabatan di perusahaan media massa.

Bukan di dunia nyata, upaya-upaya itu terjadi dalam drama Korea. Namun, kasus-kasus hukum di tanah air juga belakangan ini jalan ceritanya semakin mirip dengan drama Korea. Skenarionya penuh intrik tetapi terlalu klise dan dangkal sehingga segera menjadi bulan-bulanan warganet.

Berikut ini beragam cara yang dilakukan tokoh-tokoh daram drama Korea untuk mengangkangi hukum. Adakah yang mirip dengan kasus di negeri ini?

Lee Tae-Joon (Punch)

Peran Lee Tae-Joon dalam Punch dimainkan oleh aktor Jo Jae-Hyun. Lee Tae-Joon meraih posisi sebagai Jaksa Agung dengan berbagai cara yang tidak semestinya.

Setelah menjadi Jaksa Agung, keserakahannya menjadi-jadi dan membuat dia terlibat dalam korupsi besar. Dalam perjalanan kariernya, ia memanfaatkan posisinya dengan mengutus bawahan-bawahannya untuk berkelit dari hukum.

Salah satu anak buah kepercayaan Lee Tae-Joon adalah jaksa kepala investigasi antikorupsi Park Jung-Hwan. Tokoh Park Jung-Hwan yang diperankan aktor Kim Rae-Won pada akhirnya menyerang balik dan berusaha membongkar korupsi yang dilakukan Lee Tae-Joon.

Punch tayang di SBS pada Desember 2014 hingga Februari 2015.

Choi Il-Hwan (Whisper)

Choi Il-Hwan adalah seorang pakar hukum yang berhasil merintis firma hukum terbesar di Korea Selatan. Namun, tokoh yang diperankan aktor Kim Gab-Soo ini merintis firmanya justru dengan memanfaatkan celah-celah hukum.

Tujuannya tentu untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Ia bahkan menggunakan keuntungan yang diperolehnya untuk mengatur hukum yang berlaku.

Untuk melindungi diri sendiri dari hukum, ia bahkan mengancam seorang hakim untuk menikahi putrinya. Tokoh hakim yang diperankan aktor Lee Sang-Yoon dijebak oleh Choi Il-Hwan hingga harus menanggalkan jubah hakimnya dan terpaksa menjadi menantu sekaligus pengacara di firma hukum milik Choi Il-Hwan.

Whisper tayang di SBS pada Maret hingga Mei 2017 lalu.

Jang Se-Joon (The K2)

Jang Se-Joon dalam The K2 diperankan aktor Jo Sung-Ha. Dalam drama, tokoh Jang Se-Joon adalah calon presiden Korea Selatan.

Pencapaian tersebut diperoleh karena istrinya merupakan putri dari keluarga kaya raya.

Demi kekuasaan, Jang Se-Joon meninggalkan puteri kandung (diperankan Im Yoona) dan kekasihnya untuk menikahi puteri keluarga kaya raya tersebut.

Jang Se-Joon dan istrinya adalah orang-orang yang ambisius. Banyak cara ilegal yang mereka lakukan untuk mendapat kekuasaan.

Jang Se-Joon berlindung dari hukum dengan harta dan kekuasaan yang dimiliki istrinya (diperankan Song Yoon-Ah).

The K2 tayang di tvN pada September hingga November 2016.

Goo Tae-Won (Falsify)

Karakter Goo Tae-Won dimainkan dengan apik oleh aktor senior Moon Sung-Geun. Goo Tae-Won adalah pimpinan suatu grup media. Ia sering memelintir fakta dan mempublikasikannya di media yang ia naungi demi kepentingan sendiri.

Ia melanggar aturan-aturan media dengan ”menguasai” media itu sendiri. Ia sama sekali tidak peduli untuk menyampaikan apa yang benar kepada publik.

Falsify tayang di SBS pada Juli hingga September 2017 lalu.

Nam Il-Ho (Remember)

Nam Il-Ho adalah pengusaha korup. Tokoh yang diperankan aktor senior Han Jin-Hee ini diceritakan memiliki dua orang anak, salah satunya Nam Gyu-Man (diperankan Namgoong Min) yang sangat temperamental hingga melakukan pembunuhan karena tidak mendapatkan keinginannya.

Karekter Nam Il-Ho mempertahankan nama besarnya sebagai pemimpin perusahaan dengan melakukan segala hal, termasuk melindungi anaknya dari hukum.

Nam Il-Ho bahkan menyuruh orang untuk membunuh saksi serta pengacara yang berlawanan dengan pihaknya.

Remember tayang di SBS pada Desember 2015 hingga Februari 2016. (Adeline Sunarjo)***

Baca Juga

Kimchi dan Popularitas Drama Korea

KIMCHI bisa dikenal luas salah satunya karena sering muncul di media seperti drama, film, hingga variety show.

KPK Siap Hadapi Kembali Praperadilan Setya Novanto

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap menghadapi praperadilan yang diajukan kembali oleh Ketua DPR RI Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.