Ini Hari-hari Penting dan Bersejarah di Bulan November

Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November/DOK.KEMENDIKBUD

TANGGAL 10 November diperingati sebagai Hari Pahlwan. Namun, banyak juga peristiwa bersejarah yang diperingati di bulan ini. Berikut beberapa hari-hari penting nasional maupun internasional di bulan November yang dirangkum Pikiran Rakyat

1 November: Hari Inovasi Indonesia

Pada tanggal 1 November merupakan hari inovasi bagi Indonesia. Hari inovasi merupakan suatau hari yang mengingatkan individu. Tentang pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk menciptakan budaya inovatif. Untuk terciptanya produk dan layanan inovatif bagi kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Handi Irawan D, adalah seorang chairmen dari Tera Foundation yang melahirkan Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) dan juga sebagai seseorang yang meresmikan Hari Inovasi Indonesia.

5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Pada tahun 1993 untuk pertama kalinya hari cinta puspa dan satwa nasional diperingati. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa Indonesia.  

10 November: Hari Pahlawan

10 November 1945 merupakan peristiwa penting yaitu Pertempuran Surabaya sebuah peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Britania Raya, di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dan setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.

10 November: Hari Ganefo 

Ganefo (Game of New Emerging Forces) merupakan sebuah event pertandingan yang didirikan tahun 1960 oleh Indonesia sebagai kompetisi multinasional  untuk Olimpiade Internasional dalam olahraga global. Ganefo secara resmi diakui tahun 1963 oleh 36 negara.

11 November: Hari Bangunan Indonesia

Pada tanggal 11 November diusulkan sebagai Hari Bangunan Indonesia. 11 November dapat dipahami sebagai simbol yang kokoh dimana terdiri dari 4 angka satu (11-11), dimana bangunan yang kokoh setidaknya berdiri diatas 4 pilar yang kokoh tersebut.

12 November: Hari Ayah Nasional

Hari ayah adalah hari untuk menghormati ayah. walaupun hari ayah tidak seterkenal hari ibu, tetapi masyarakat tetap memperingati hari ayah sebagai bentuk kasih sayang terhadap sosok ayah. Indonesia sendiri memperingati hari ayah pada tanggal 12 November. Pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2016, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

12 November: Hari Kesehatan Nasional

Pada tanggal 12 November 1964, di desa Kalasan, Yogyakarta, Presiden Soekarno kala itu melakukan penyemprotan pertama secara simbolis dan hari itu ditetapkan sebagai hari kesehatan nasional. Penyemprotan dilakukan secara masal ke rumah-rumah penduduk yang ada di pulau Jawa dan Bali, sebagai bentuk pemberantasan penyakit Malaria.

14 November: Hari Brigade Mobil (Brimob)

Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Kesatuan ini pada mulanya diberikan tugas untuk melucuti senjata tentaraJepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota. Brimob turut berjuang dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pada 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) atau Brigade Mobil (Brimob) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa.

14 November: Hari Diabetes Internasional

Hari Diabetes Sedunia adalah sebuah kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau khalayak global ;ebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara. Pada tahun 1991, IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia menciptakan hari diabetes sedunia sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes.

Hari diabetes sedunia menjadi hari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diresmikan di tahun 2006 dengan berlakunya United Nation Resolution 61/225.

20 November: Hari Anak-anak Sedunia

Hari anak-anak sedunia pertama kali diumumkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1954. Meskipun Hari Anak-Anak Sedunia jatuh pada tanggal 20 November, tapi setiap negara yang berpartisipasi dalam merayakan hari anak-anak sedunia memiliki tanggal tersendiri. Tujuan Sekertaris Jendral Ban Ki-moon dari Perserikatan Bangsa-Bangsa bercita-cita untuk jangkauan agar setiap anak memiliki akses terhadap pendidikan dan bisa bersekolah.

21 November: Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 November. Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, ia merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Alasannya adalah ia sangat berharap adanya pohon untuk berteduh, pemecah angin dan fungsi pohon lainnya. Tujuan hari pohon yaitu untuk meningkatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna dan membuat iklim mikro yang baik.

25 November: Hari Guru

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.  Di dalam kongres ini, 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia                       

Pada tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Berdasarkan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh masyarakat Indonesia dalam menanam pohon melalui Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon sejak tahun 2007 lalu.

29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai Badan Usaha Mandiri Negara (BUMN), Badan Usaha Mandiri Daerah (BUMD) serta anak perusahaan dan perangkat Pemerintah Desa. Korpri didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia. (Bella Rosalina Sahara)***

Baca Juga

Kimchi Makin Lezat dengan Paduan Makanan Ini

BAGI sebagian besar pecinta Korea, Kimchi tentu bukan hal yang asing didengar. Apa itu Kimchi? Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea. Masyarakat Korea menjadikan Kimchi sebagai makanan pendamping atau bahkan menu utama.