Sinopsis Kingsman: The Golden Circle, Saat Teror Hancurkan Markas Agen Rahasia

Kingsman: The Golden Circle/YOUTUBE

SUDUT pengambilan gambar dinamis, efek visual memukau, adegan laga menegangkan, eksotisme panorama lokasi shooting merupakan beberapa elemen yang membuat film Kingsman: The Golden Circle. Film garapan sutradara Matthew Vaughn itu tampak seru. Alur cerita yang bersumber dari serial komik "Kingsman" (Mark Millar dan Dave Gibbons) juga sangat menarik, mencampurkan ragam unsur genre, seperti scifi, action, thriller, drama romantis, sekaligus komedi.

Musisi kawakan asal Inggris Elton John turut menghadirkan keseruan, memerankan dirinya, tapi dengan perangai serampangan. Elton diceritakan mengalami frustrasi karena menjadi budak panggung dari pimpinan kartel narkotika internasional The Golden Circle, bernama Poppy Adams (Julianne Moore). Dalam peranannya, Elton mengucapkan beberapa kata kasar, serta kerap bertingkah konyol yang menimbulkan kesan kocak. Hal itu mengundang tanggapan dari kritikus film, mempertanyakan motivasi Vaugh yang mengarahkan Elton perlu bertingkah seperti itu.

Untuk versi komik, Mark Richard Hamill (pemeran Luke Skywalker dalam Star Wars) yang menjadi korban perbudakan Poppy. Akan tetapi, berdasarkan pemberitaan pada portal berita The Guardian, Hamill terindikasi enggan memerankan dirinya, memilih ber-acting sebagai Profesor James Arnold dalam edisi film terdahulu, "Kingsman: The Secret Service" yang rilis awal 2015.

Suguhan cerita dikemas secara rapi, memanipulasi persepsi, agen rahasia seperti Kingsman seakan betulan ada di dunia nyata. Identitas setiap tokoh sentral terungkap secara gamblang, membuat suguhan film kian terkesan logis. Dalam rangkaian adegan, terdapat aksi brutal, perkataan kasar, penggunaan narkoba, dan hubungan seksual. Alasan itu pula, 20th Century Fox menerapkan rating usia 17 tahun ke atas guna menyeleksi sasaran penonton.

Eggsy dan kehancuran Kingsman

Mengusung tema agen rahasia, film menyuguhkan ketegangan sejak awal, memuat adegan perkelahian salah seorang agen Kingsman, Eggsy Unwin (Taron Egerton) melawan anak buah Poppy, bernama Charlie Hesketh (Edward Holcroft) beserta gerombolannya. Menggunakan mobil amfibi berteknologi canggih kepunyaan Kingsman, Eggsy berhasil lolos dari kepungan gerombolan Charlie dan kawan-kawan.

Akan tetapi, perangkat tangan bionic Charlie yang terlepas akibat pertarungan tertinggal di mobil Eggsy. Poppy dapat mengontrol perangkat itu dari jarak jauh, meretas basis data Kingsman dari mobil Eggsy. Memiliki data lengkap, Poppy menghancurkan seluruh lokasi yang berkaitan dengan operasi Kingsman, termasuk tempat tinggal para agen dengan menggunakan rudal. Hanya Eggsy, dan Merlin (Mark Strong) yang selamat dari serangan dadakan tersebut.

Dua agen yang selamat menjalankan langkah penyelamatan dengan sebutan Doomsday Protocol, berupa amanat organisasi jika Kingsman mengalami situasi krisis. Petunjuk protokol mengarahkan mereka berangkat ke pabrik minuman keras di Kentucky, Amerika Serikat. Mereka menemukan sensor pengamanan canggih di salah satu bangunan, terlalu mewah untuk ukuran pabrik minuman keras.

Kebangkitan Harry Hart

Tequilla (Channing Tatum) memergoki, kemudian menangkap Eggsy, dan Merlin yang sedang mengendap-endap. Ternyata, kompleks pabrik minuman keras merupakan bentuk kamuflase agen rahasia Statesman. Sempat diduga sebagai mata-mata musuh, dua agen Kingsman itu bisa membuktikan jati dirinya, serta meyakinkan pimpinan Statesman, Champagne "Champ" (Jeff Bridges).

Pada markas Statesmen, Eggsy, dan Merlin berjumpa dengan agen senior Kingsman, Harry Hart (Colin Firth) yang terceritakan tewas pada edisi film terdahulu. Terdapat penjelasan dari kebangkitan Harry, terselamatkan oleh pertolongan agen Statesman, walau dalam kondisi amnesia. Eggsy percaya pengalaman Harry merupakan senjata utama guna meringkus Poppy beserta gerombolannya. Apalagi, Harry merupakan mentornya saat mengenyam latihan sebagai agen.

Ikatan Eggsy dengan Harry mengingatkan pada duet jagoan Kevin Brown (Tommy Lee Jones), dan James Darrel Edwards dalam film berseri "Men In Black". Apalagi, Eggsy sempat meragukan kapabilitas Harry seusai mengalami amnesia, persis ketika James yang menyangka Kevin kehilangan kemampuan karena pengaruh alat penetral ingatan.

Pelegalan narkotika

Memanfaatkan kondisi Kingsman yang sedang lumpuh, The Golden Circle mengedarkan narkotika secara leluasa, ke seluruh penjuru dunia. Mereka melancarkan trik agar bisnisnya terus berlangsur lancar, memasukan racun saraf mematikan pada kandungan narkotika. Poppy bersedia memberi penawar racun secara gratis, asal pemerintah berbagai negara melegalkan penjualan narkotika.

Bentuk respons Presiden Amerika Serikat dengan peran pentingnya menentukan kebijakan dunia terkesan mengejutkan, membiarkan para pengguna narkotika tewas. Padahal, lumayan banyak warga Amerika Serikat yang menjadi korban muslihat Poppy, termasuk staf khusus kepresidenan, Fox (Emily Watson). Hal itu menjadi anomali dari kebanyakan film Hollywood, Presiden Amerika Serikat tercitrakan sebagai figur bijaksana, enggan mengambil risiko yang menyebabkan banyak korban berjatuhan.

Beroleh bantuan fasilitas dari Statesman, agen Kingsman yang tersisa berhasil melacak lokasi persembunyian Poppy di kawasan belantara. Mempunyai pengalaman matang, Harry terbukti mampu mengalahkan Poppy dan gerombolannya. Namun, salah seorang agen Statesman, Jack Daniels (Pedro Pascal) menyerang Eggsy, dan Harry secara tiba-tiba.

Tindakan itu sempat menimbulkan dugaan, Jack membelot dari Statesman, dan bekerja untuk Poppy. Ucapan dialog Jack membantah dugaan, penyerangan terhadap Eggsy, dan Harry merupakan bentuk sikap chauvinisme agar Statesman berjaya tanpa mempunyai saingan. Setelah melalui pertarungan sengit, dua agen Kingsman mengalahkan Jack dengan gaya dudley death drop, teknik kombinasi melumpuhkan lawan ala The Dudley Bozy dalam program gulat hiburan "Smackdown".

Kesesuaian tampilan visual dengan musik tema menghantarkan nuansa emosional sesuai situasi adegan, membentuk kemasan lengkap. Lagu "Take Me Home, Country Road" yang populer oleh John Denver mengisi soundtrack film, mengentalkan suasana latar tempat, terutama saat anggota Kingsman yang tersisa hendak berkunjung ke markas Statesman.

Adegan akhir mengisyaratkan, bakal ada kelanjutan dari film agen rahasia itu. Eggsy memutuskan pensiun karena menikah dengan kekasihnya, Tilde (Hanna Alström) yang berstatus sebagai putri Kerajaan Inggris. Petunjuk lain dari kemungkinan muncul sekuel lanjutan tersirat dari cuplikan Tequilla yang bergabung dengan Kingsman.***

Baca Juga

Besok, Pemenang FFB 2017 Diumumkan

PEMENANG FFB (Festival Film Bandung) 2017 akan diumumkan Minggu 22 Oktober 2017 siang. Pengumuman pemenang akan disiarkan langsung di SCTV.

Panduan Penting Sebelum Menonton Thor: Ragnarok

SUNGGUH 2 jam 10 menit yang sangat menghibur. Terlepas dari adanya plot yang selama ini hilang dalam lini masa Marvel Cinematic Universe (MCU), bisa dibilang, lewat Thor: Ragnarok, MCU semakin matang membentuk dirinya.