Empat Tanaman Ini Bisa Jadi Obat Diabetes Alami

PEREMPUAN cenderung hidup lebih lama dari pria, tapi tidak bagi perempuan pengidap diabetes tipe 1.*
Ilustrasi Diabetes/DOK. PR

BANYAK ramuan dan rempah yang biasa diklaim memiliki khasiat penurun gula darah dan bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau berisiko tinggi. Melansir dari diabetes.co, ada sejumlah studi klinis telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan hubungan potensial antara terapi herbal dan peningkatan kontrol glukosa darah.

Berikut beberapa tanaman yang bisa dikonsumsi untuk membantu penderita diabetes :

1. Lidah Buaya

Penelitian menunjukkan bahwa asupan jus lidah buaya dapat membantu memperbaiki kadar glukosa darah dan kerena itu bermanfaat untuk mengobati diabetes. Karena lidah buaya dapat menurunkan lemak darah pada pasien dengan tingkat molekul abnormal atau diabetes tipe 2. Lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan dan penyembuhan luka lebih cepat.

2. Ekstrak bilberry

Studi penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam bilberry, anthocyanosides, dapat meningkatkan kekuatan pembuluh darah yang dapat memiliki sifat perlindungan terhadap kerusakan retina pada orang dengan diabetes. Ekstrak bilberry tidak dikenal sebagai pengobatan diabetes tapi penderita diabetes mungkin memperhatikan hal itu dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

Jika menggunakan obat penurun gula darah yang dapat menyebabkan hipoglikemia, Anda mungkin perlu memantau kadar glukosa darah dan berhati-hati untuk memastikan kadar gula darah tidak terlalu rendah.

3. Jahe

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal produk alami Planta Medica edisi Agustus 2012 menunjukkan bahwa jahe dapat memperbaiki kontrol gula darah jangka panjang untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Peneliti dari University of Sydney, Australia menemukan bahwa ekstrak dari Buderim Ginger (jahe dari Australia) dapat meningkatkan pengembalian glukosa ke sel otot tanpa menggunakan insulin, dank arena itu membantu pengelolaan gula darah tinggi.

4. Paria

Selain menjadi bahan makanan, paria juga telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, termsuk diabetes tipe 2. Buah ini mengandung setidaknya tiga zat aktif dengan sifat anti diabetes, termasuk charantin yang telah dikonfirmasi memiliki efek penurunan kadar glukosa darah.

Paria juga diketahui mengandung lektin yang mengurangi konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan perifer dan menekan nafsu makan yang sama dengan efek insulin di otak. Lektin ini dianggap sebagai faktor utama di balik efek hipoglikemik yang berkembang setelah mengkonsumsi paria. (Desianti Yus Rusana)***

Baca Juga

5 Fakta Susu Kedelai Jika Jadi Pengganti Susu Formula

AIR susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi dan balita. Namun, pada banyak kasus, bayi juga diberi asupan susu formula. Susu formula dengan kandungan sapi tidak selalu dapat diterima bayi.

Padi Rendah Gula Siap Diproduksi di Indramayu

INDRAMAYU, (PR).- Padi rendah gula namun berproduktivitas tinggi akan diproduksi di Kabupaten Indramayu. Para petani Indramayu diajak untuk menanam jenis padi tersebut.