#KlipingPR Inilah Pria Paling Tampan Versi 1974

Pikiran Rakyat Edisi 13 September 1974

13 September 1974. Kontes kecantikan sudah banyak digelar. Bagaimana jika kontes mencari pria paling tampan?

Pada 1974, sebuah kontes diselenggarakan untuk memilih pria tampan. Kontes itu dinamai Pemilhan Pria Tampan 1974. Kontes yang diselenggarakan oleh Yantje S. Group itu digelar di Wisma Tegalsari, Surabaya.

Kontes ini diikuti oleh 18 pria. Namun kemudian hanya 11 orang yang mengikuti penilaian sampai akhir. Sisanya mengundurkan diri.

Seperti sebuah kontes kecantikan, pria-pria ini juga harus berlenggak-lenggok di pentas. Aksi peserta dinilai oleh lima orang juri, terdiri dari tiga juri laki-laki dan dua juri perempuan. Faktor-faktor penilaian yang diperhatikan juri antara lain bentuk tubuh, dandanan rambut, perhiasan yang dikenakan, dan keserasian pakaian yang dikenakan.

Kontes ini menarik perhatian banyak pengunjung. Penyelenggaraannya pun meriah. Dibuka dengan tarian modern serta dimeriahkan peragaan busana. Acara semakin bewarna dengan musik band pengiring.

Pada akhir kontes diumumkan, George Harry S. sebagai pemenang Pria Tampan 1974. Posisi runner-up ditempati oleh Franky. Sedangkan runner-up II diraih oleh Novrianto.

Sukses penyelenggaraan tahun ini membuat kontes ini direncanakan menjadi kegiatan tahunan.

Format modern

Saat ini, kontes-kontes semacam ini masih berlangsung dengan format yang lebih modern. Skalanya pun sampai tingkat internasional, salah satunya kontes Mister Internasional yang juga dikenal dengan Kontes Pria Tampan. Ajang ini tak hanya mencari pria tampan secara fisik, tapi juga memasukkan unsur kesehatan dan kepemimpinan dalam penilaiannya. Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes ini pada 2010 dan 2013.

Lebih dari 40 pria tampan dari berbagai negara diadu di ajang itu. Tak hanya soal fisik, pria-pria ini juga dinilai dari segi kesehatan, kepribadian, dan kostum.***

Baca Juga

#KlipingPR Akhir Dramatis Debut Persib Bandung di Divisi Utama

7 November 1983. PERSIB Bandung mencetak sejarah gemilang pada Kejuaraan Nasional PSSI tahun 1983. Pada tahun itu akhirnya Persib berhasil berkompetisi di divisi utama. Sebagai tim promosi, Persib bisa melaju hingga final.

#KlipingPR Sulitnya Menangkap Pembuat Surat Talak Palsu

15 November 1986. Surat talak palsu ditemukan di hampir semua wilayah Jawa Barat. Pemalsuan itu menggunakan berbagai modus. Mulai dari pemalsuan tanda tangan hingga memberi keterangan palsu.