Lima Fitur Smartphone Ini Mulai Menghilang

Blackberry Key One/DOK PR

BANYAK fitur smartphone yang berkembang seiring dengan perkembangan smartphone itu sendiri. Banyak fitur smartphone yang bertahan lama karena saking popularnya, namun banyak juga yang menurun bahkan menghilang karena kurang popular atau dirasa kurang bermanfaat. 

Kita telah menyaksikan banyak fitur smartphone yang datang dan pergi dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai alasan. Berikut adalah 5 fitur smartphone yang sudah jarang ditemukan:

Tombol Keyboard

Jika kita kembali pada zaman saat smartphone layar sentuh belum sepopular sekarang, smartphone dengan tombol keyboard pernah menjadi tren. Sebut saja T-Mobile Sidekick, Palm Pre, dan Blackberry pernah merajai pasar smartphone dengan tombol keyboardnya yang sempat fenomenal.

Smartphone dengan tombol keyboard tidak hilang begitu saja walau setelah diperkenalkannya smartphone layar sentuh. Meski pada akhirnya keyboard layar sentuh menjadi penyebab hilangnya tombol keyboard pada smartphone sekarang ini. Banyak smartphone Android yang masih mempertahankan tombol keyboard nya seperti Motorola Droid, T-Mobile G1/G2, dan Sprint Epic 4G Touch. Sayangnya, fitur tombol keyboard tersebut tidak bertahan lama hingga akhirnya menghilang perlahan.

Seiring berjalannya waktu, smartphone layar sentuh menjadi sangat digemari banyak orang, sehingga permintaan untuk smartphone tombol keyboard semakin berkurang. Para produsen smartphone juga berlomba-lomba untuk membuat produk smartphone yang tipis sehingga tidak ada ruang tersisa untuk tombol keyboard.

Trackball dan trackpad

Fitur lainnya yang menghilang akibat kemunculan smartphone layar sentuh adalah trackball dan trackpad. Trackball sangat memudahkan kita untuk menjelajahi smartphone dengan cepat. Selain cepat, trackball juga sangat akurat dan lebih mudah digunakan daripada d-pad. Banyak seri Blackbery yang menggunakan fitur trackball seperti Bold dan Pearl, dan juga smartphone T-Mobile Sidekick.

Sama seperti tombol keyboard, trackball juga hanya bertahan untuk sementara waktu. Tujuan diciptakannya trackball adalah agar memudahkan kita saat menggunakan smartphone karena jari-jari kita belum cakap untuk langsung menyentuh layar. Namun ternyata menggunakan jari sendiri untuk memainkan smartphone menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini karena software smartphone membuatnya menjadi lebih akurat. Contohnya, melakukan copy dan paste suatu text menjadi lebih mudah menggunakan jari kira, sehingga trackpad dan trackball sudah tidak diperlukan lagi.

Speaker di depan

Saat kita memikirkan speaker di depan atau front facing speaker, mungkin yang ada di benak kita adalah smartphone HTC. Perusahaan smartphone itu menjadi yang pertama memperkenalkan front facing speaker saat rilisnya HTC One M7 pada 2013.

HTC berencana akan menggunakan fitur setup speaker yang berbeda ini hingga HTC 10. Produk smartphone lainnya yang memiliki front facing speaker adalah Nexus 6 dan Nexus 6P. Bahkan, perusahaan ZTE merilis smartphone Axon 7 yang dilengkapi dengan front facing speaker.

Namun kemudian tidak banyak smartphone yang menggunakan front facing speaker sejak 2016 dan trennya terus menurun. Tahun ini, HTC meninggalkan fitur front facing speaker saat dirilis HTC 10. Meskipun tren front facing speaker menurun, beberapa smartphone lain masih menggunakan fitur ini, salah satunya Sony.

Baterai removable

Samsung dan LG menjadi dua perusahaan terbesar yang menggunakan fitur baterai removable atau baterai yang dapat dilepas untuk waktu yang lama. Baterai removable memang bagus karena pengguna dapat mengganti baterai baru dengan mudah, termasuk untuk menggantinya dengan baterai yang sudah penuh dayanya. Namun, dengan perkembangan teknologi, baterai removable nampaknya sudah tidak diperlukan lagi karena sekarang sudah banyak smartphone yang menawarkan pengisian daya baterai dengan cepat.

Headphone jack

Penghilangan fitur headphone jack pada smartphone memang sudah diperbincangkan sejak tahun lalu. Meskipun banyak smartphone yang masih menggunakan headphone jack, tak bisa dimungkiri bahwa tren fitur ini mulai menurun.

Alasan utama penghilangan fitur ini adalah karena penggunaan USB type C. USB type C ini merupakan satu port USB yang bisa dipakai untuk segalanya tanpa memerlukan adapter. Banyak perusahaan smartphone seperti HTC, Motorola, dan Apple yang telah menghilangkan fitur ini. (Ghea Resta Meida)***

Baca Juga

Jelajah Kuliner di Jalan Karapitan

ADA satu jalan yang khas karena keberadaan toko barang bekas dan toko yang menjual ikan serta ­berbagai pernak-perniknya. Ada yang tahu? Ya, itulah Jalan ­Karapitan.