10 Versi Lagu "Akad" Payung Teduh, Mana yang Paling Keren?

Payung Teduh/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
PENAMPILAN Payung Teduh pada "MLD Spot: Stage Bus Jazz Tour 2017" di Cihampelas Walk Jalan Cihampelas Kota Bandung, Minggu 27 Agustus 2017.*

HINGGA lima tahun lamanya, Payung Teduh tak merilis lagu baru. Kelompok musik indie beranggotakan Aziz Kariko, Alejandro Saksakame, dan Ivan Penwyn itu kemudian menggebrak dengan single terbaru mereka "Akad". Lagu ini jauh lebih ceria dibanding lagu-lagu Payung Teduh sebelumnya yang terkesan misterius. 

Akad mulai dirilis di Youtube pada 7 Juni 2017. Mereka kemudian memperbaharui lagu yang sama dengan versi audio yang lebih jernih sebulan kemudian. Tak lama setelah itu, lagu Akad mulai akrab terdengar di mana-mana, mulai di kafe hingga pertokoan. Begitupun dengan para penyanyi Youtube yang mulai meng-cover lagu Akad dengan berbagai versi mereka.

Berikut adalah sejumlah versi lagu Akad yang muncul di Youtube:

1. Akad versi asli

Sebelum membandingkan dengan sejumlah cover lagu ini, ada baiknya menyimak versi asli Payung Teduh agar terlihat nyata perbedaannya. Lagu Akad ini merupakan versi audio dengan kualitas HD. Karena versi audio, channel resmi Payung Teduh ini memberikan keterangan bahwa official music video Akad sedang dalam proses editing agar layak tayang dan tidak melanggar hak cipta yang berlaku. Mereka berjanji akan mengunggah kembali sesegera mungkin. Hingga sebulan terakhir hasilnya tak kunjung muncul. Mungkin mereka masih bekerja keras. Yang jelas, video audio ini adalah yang paling banyak ditonton pemirsa Youtube. Hingga Minggu 3 September 2017 sore, video audio ini sudah ditonton  11 juta orang.

2. Akad versi karaoke

Video musik Akad ini adalah yang pertama kali dirilis Payung Teduh. Bedanya, video ini dilengkapi dengan lirik. Mungkin juga mereka berniat mulia, memberikan panduan bagi para calon peng-cover lagu ini agar tidak salah ucap. Maklum, lirik-lirik Payung Teduh selama ini terkenal sangat puitis dengan pemilihan diksi tak biasa.

3. Akad juara versi Hanin Dhiya

Cover lagu Akad terbaik yang terus membayangi versi aslinya tentu saja versi Hanin Dhiya. Ya, sudah jadi rahasia umum bahwa lagu-lagu cover yang dinyanyikan Hanin Dhiya adalah jaminan mutu. Beberapa bahkan lebih baik dibanding versi aslinya. Penyanyi muda asal Bogor bernama lengkap Hanin Dhiya Citaningtyas (16) itu adalah jebolan Rising Star Indonesia 2014.

Hanya saja, ada satu kejanggalan dalam cover versi ini. Karena disesuaikan dengan umur dan gender penyanyi, maka lirik Akad milik Payung Teduh dimodifikasi pada bagian akhir. Hanin mengganti kata "istriku" menjadi "temanku" dan "milikku". Pengubahan akhir lirik itu masih relevan dengan judulnya "Akad" karena dalam KBBI akad berarti janji.

4. Versi patah hati nasional

Cover yang ini masih versi Hanin Dhiya, namun videonya diganti dengan proses menuju pernikahan Raisa Andriana dan Hamish Daud yang berlangsung Minggu 3 September 2017 ini. Sesuai dengan judulnya, Akad, momen pernikahan yang membuat banyak pria patah hati itu terlihat sangat relevan. Lagu yang bikin baper ini mungkin akan semakin sering terdengar terdengar di "Hari Patah Hati Nasional" hari ini.

5. Versi launchpad Alffy Rev

DJ Alffy Rev memberi judul video cover Akad ini sebagai versi pengamen Jogja. Proses pengambilan gambarnya memang dilakukan di jantung Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro tengah malam. Namun, video yang diunggah 22 Agustus 2017 ini rasanya terlalu mewah untuk diberi judul versi pengamen.

Seperti diketahui, Alffy Rev yang bernama lengkap Awwalur Rizqie Al-ffirori itu adalah komposer sekaligus DJ yang menguasai banyak alat musik. Namun, ia lebih terkenal bermain musik dengan lauchpad-nya yang keren dan futuristis. Lagu Akad versi Alffy Rev ini menjadi trending di Youtube Indonesia selama beberapa hari.

6. Versi pengamen merdu

Video Akad ini baru versi pengamen yang dinyanyikan di pinggir jalan. Dirilis oleh pemilik channel Junaidi Karo Karo sejak 8 Agustus 2017, si pengamen yang katanya anak band ini cukup sukses membawakannya dengan suara emasnya. Dari perbincangan sebelum lagu ini dimulai, terdengar jelas bahwa pembuat video (bukan penyanyinya) berasal dari Pulau Sumatra, tepatnya Sumatra Utara.

7. Versi Gen Halilintar

Content Creator Gen Halilintar memang fenomenal sejak dua tahun silam. Keluarga kompak beranggotakan 6 anak laki-laki, 5 anak perempuan, dan kedua orangtuanya ini sering menghiasi media nasional karena dinilai sangat inspiratif. Khusus lagu Akad yang merek bawakan, hampir sama dengan cover Hanin Dhiya, ada perubahan lirik pada bagian akhir. Mereka juga mengganti kata "istriku" menjadi "temanku" dan "kasihku". Tentu saja perubahan ini harus dilakukan karena kebanyakan penyanyi Gen Halilintar masih belia.

8. Versi saksofon

Jika ingin mendengar Akad dengan versi agak lain, video ini pilihannya. Pemilik channel, Desmond Amos, spesialis bermusik dengan menggunakan alat tiup saksofon. Ia membawakan cover sejumlah lagu dengan gaya aransemennya yang khas. Saat membawakan Akad, ia tak tampil sendiri tapi ditemani penyanyi jelita Brigitta Tiffany dan Rioktag pada piano.

9. Versi dangdut koplo

Musisi Indonesia memang tak pernah kehabisan ide. Lagu Akad yang syahdu berubah total menjadi dangdut koplo pada video musik ini. Meski musisi asal Yogyakarta ini tampil sederhana dalam video itu, tapi kualitas musiknya tak bisa dipandang sepele. Memang, ada sedikit kurang. Karena ini versi dangdut koplo, tak lengkap rasanya bila tak ada penari dengan segala jenis goyangnya :)

10. Angkod

Video cover ini lebih nyeleneh. Masih satu rima dengan Akad, video musik berjudul "Angkod" juga tak kalah unik. Lagu Angkod yang merupakan pelesetan dari kata angkot alias angkutan kota ini ditampilkan dengan setting sesuai lagunya, di dalam angkot. Pemlik channel, Kerry Astina, memang spesialis video parodi. Yang menarik, angkot yang ditampilkan ini adalah angkot jurusan Kebonkalapa (Abdul Muis)-Dago di Kota Bandung. 

Jadi, menurut kamu, mana yang paling menarik videonya?***

Baca Juga

Celine Dion Tampil di Indonesia 7 Juli 2018

JAKARTA, (PR).- Diva internasional Celine Dion dijadwalkan akan tampil konser di Indonesia pada 7 Juli 2018 mendatang. Ini akan menjadi konser pertama Celine Dion di Indonesia.

Rumah Bintang Rilis Album Lagu Anak

BANDUNG, (PR).- Anak-anak yang tergabung di komunitas belajar Rumah Bintang merilis album berjudul Nyanyian Anak Bintang. Album ini dirilis dalam bentuk CD yang dibantu Maraton Mikrofon, label rekaman asal Bandung.

Aldin feat. Mocca, Membawa Hits ke Generasi Penerus

BAGI Aldin Aimar Massad (11), band Mocca mungkin lebih dari sekadar kuartet indiepop asal Bandung yang sudah hampir 20 tahun berdiri. Ayahnya, Indra Massad, adalah penabuh drum di band ini.

10 Film Fenomenal Marlene Dietrich

MARLENE Dietrich dikenal sebagai seorang aktris sekaligus penyanyi bersuara rendah keturunan Amerika-Jerman. Data menyebut, ada sedikitnya 57 film yang telah ia bintangi selama kariernya sejak 1923.