Di Negara Bagian Ini, Rokok Hanya untuk 21 Tahun ke Atas

Ilustrasi/USEP USMAN NASRULLOH/PR

OREGON telah menjadi negara bagian kelima di Amerika Serikat yang membuat kebijakan baru tentang batasan usia yang sah bagi pembeli rokok dan produk tembakau. Mereka harus berusia di atas 21 tahun. Sebelumnya, batasan usia untuk membeli tembakau adalah 18 tahun.

Gubernur Oregon, Kate Brown, telah menandatangani undang-undang tersebut, Rabu 9 Agustus 2017 lalu. Undang-undang tersebut memberlakukan batasan umur yang sah untuk pembelian produk tembakau dan nikotin, sama dengan batasan umur yang sah untuk pembeliaan alkohol dan ganja.

Menurut co-sponsor Rep Rich Vial, meningkatkan batasan umur untuk pembelian rokok secara signifikan dapat mengurangi jumlah anak muda yang telah merokok dan kecanduan. Selain itu, juga menghemat uang masyarakat Oregon hingga miliaran dolar serta menyelamatkan kehidupan ribuan orang yang penting bagi mereka.

Seperti diberitakan Hillsboro Tribune, undang-undang tersebut menetapkan denda mulai dari 50 hingga 1.000 dolar AS (setara Rp 668.000 hingga Rp 13,4 juta) bagi perokok berusia di bawah 21 tahun. Denda ini juga berlaku bagi perusahaan yang mendistribusikan atau menjual produk tersebut kepada pembeli yang belum berusia 21 tahun. Peraturan baru tersebut juga melarang orang-orang berusia 21 tahun untuk membawa tembakau atau nikotin saat sedang berada di kampus.

Cegah kanker sedari dini

Sekitar 1.800 anak-anak Oregon menjadi perokok setiap tahunnya. Dilaporkan, 24% siswa kelas II SMA di Oregon telah merokok. Peningkatan batasan usia yang sah bagi pengguna tembakau akan membuat anak-anak SMA terhindar dari bahaya rokok.

Menurut para pendukung American Cancer Society Cancer Action Network, sekolah menjadi tempat para remaja untuk mendapatkan rokok dari teman sekelasnya yang lebih tua. Menurut Cancer Action Network, sekitar 95% perokok dewasa mulai merokok sebelum usia 21 tahun.

Oregon mengikuti langkah Hawaii, Califoria, New Jersey, dan Maine dalam menetepkan batasan umur yang baru bagi perokok. Hawaii telah menetapkan batasan usia 21 tahun bagi pengguna produk tembakau pada tahun 2015, sedangkan California baru menetapkan aturan tersebut pada tahun 2016 lalu. Maine dan New Jersey telah menetapkan batasan usia 21 tahun bagi pengguna produk tembakau pada awal musim panas tahun ini.

Lebih dari 200 kota memiliki aturan yang sama termasuk New York dan Boston. Indonesia kapan ya? (Ghea Resta Meida)***

Baca Juga

Cara Kenali Kelainan Jantung dari Denyut Nadi

JAKARTA, (PR).- Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Dr dr Yoga Yniadi SpJP mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali kelainan irama jantung atau Fibriliasi Atrium dengan m

Bipolar Bukanlah Kepribadian Ganda

KEBANYAKAN orang mengira gangguan bipolar sama dengan kepribadian ganda. Namun hal tersebut ternyata keliru. Kepribadian ganda dalam psikologi klinis dikategorikan sebagai gangguan disosiatif.

Grogi di Keramaian, Ini Cara Mengatasinya

JIKA Anda merasa tidak nyaman, bahkan terlampau cemas dan resah ketika berada di tengah keramaian dan pergaulan, hal tersebut merupakan salah satu gejala dari fobia sosial. 

PEPAYA bisa dijadikan obat berbagai penyakit.*

Jangan dibuang, Biji Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan

KEBANYAKAN orang setelah memakan pepaya, tanpa berpikir panjang langsung membuang bijinya. Biji pepaya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Biji pepaya ternyata bisa dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan.