Kawat Gigi Tersangkut Selama 10 Tahun di Perut Wanita Ini

Ilustrasi Kawat Gigi/BRACESGUIDE.COM

SEJUMLAH dokter di sebuah rumah sakit di Australia kebingungan saat kedatangan pasien dengan kasus ini. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ke rumah sakit dan mengeluhkan sakit perut yang luar biasa.

Setelah diperiksa, detak jantung wanita itu berdebar lebih cepat dari keadaan normalnya. Selain itu, selaput yang melapisi dinding perutnya juga meradang. Demikian tulis seorang dokter yang menangani wanita tersebut dalam sebuah artikel medis yang diterbitkan di situs BMJ Case Reports. BMJ Case Reports adalah koleksi artikel dan laporan kasus kesehatan online yang ditulis oleh para ahli kesehatan dan para peneliti.

Tanda-tanda vital, hasil tes laboratorium, hasil ultrasonografi, hingga hasil pindaian jantung normal. Begitu juga dengan hasil pemeriksaan kantong empedu dan saluran empedu wanita tersebut dinyatakan tak ada masalah.

Wanita itu juga belum pernah menjalani operasi dalam waktu yang dekat. Menurut majalah Popular Science, sakit perut yang dialami wanita tersebut juga bisa saja karena sebuah benda asing yang tertinggal oleh ahli bedah saat membedah perut wanita tersebut. Namun, hasil CT scan yang dijalani wanita tersebut menunjukkan bahwa ada kawat logam tipis tersangkut di ususnya.

Benda itu ternyata kawat gigi yang pernah dipakai oleh wanita itu. Kawat gigi tersebut panjangnya sekitar 2,5 inci atau sekitar 6,3 sentimeter. Kawat gigi tersebut menyebabkan usus wanita itu terpelintir –sebuah kondisi yang disebut volvulus.

Lupa pernah tertelan

Wanita itu mengaku kepada dokter bahwa ia pernah menggunakan kawat gigit 10 tahun lalu dan telah melepasnya sejak saat itu. Wanita itu juga mengatakan bahwa ia tidak ingat pernah menelan kawat gigi atau kehilangan salah satu bagian dari kawat giginya. Demikian tulis salah seorang dokter yang merawat wanita yang bernama Talia Shepherd itu di Rumah Sakit Sir Charles Gairdner di Nedlands, Australia Barat.

"Kasus ini sangat menarik, karena jika kita menelan benda seperti kawat gigi, seharusnya kita akan langsung merasakan sakitnya,” ujar Shepherd kepada Popular Science.

Biasanya orang-orang tidak sadar saat menelan benda asing seperti tulang ikan. Namun, biasanya akan sadar saat menelan benda seperti kawat logam, tambah Shepherd. Biasanya orang-orang yang menelan benda asing akan langsung menyadarinya. Namun, dalam kasus wanita tersebut, ia tidak merasakan sakit selama sepuluh tahun lamanya.

"Kami semua sedikit tercegang. Kawat gigi tersebut sama sekali bukan benda yang saya harapkan untuk ditemukan. Tidak sengaja menelan benda asing bukanlah hal yang baru," ujar Shepherd. (Ghea Resta Meida)***

Baca Juga

PEPAYA bisa dijadikan obat berbagai penyakit.*

Jangan dibuang, Biji Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan

KEBANYAKAN orang setelah memakan pepaya, tanpa berpikir panjang langsung membuang bijinya. Biji pepaya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Biji pepaya ternyata bisa dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bipolar Bukanlah Kepribadian Ganda

KEBANYAKAN orang mengira gangguan bipolar sama dengan kepribadian ganda. Namun hal tersebut ternyata keliru. Kepribadian ganda dalam psikologi klinis dikategorikan sebagai gangguan disosiatif.

Grogi di Keramaian, Ini Cara Mengatasinya

JIKA Anda merasa tidak nyaman, bahkan terlampau cemas dan resah ketika berada di tengah keramaian dan pergaulan, hal tersebut merupakan salah satu gejala dari fobia sosial. 

Cara Kenali Kelainan Jantung dari Denyut Nadi

JAKARTA, (PR).- Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Dr dr Yoga Yniadi SpJP mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali kelainan irama jantung atau Fibriliasi Atrium dengan m