Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi/KUKUH SETYONUGROHO

BADAN yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup yang sehat. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Di waktu senggang banyak orang menyempatkan diri untuk mendatangi tempat fitness. Namun bagaimana dengan Anda yang memiliki aktivitas super sibuk dan tidak sempat untuk pergi ke tempat fitness?

Berolahraga di rumah menjadi solusi bagi Anda yang memiliki jam terbang kesibukan yang tinggi. Waktu olahraga bisa menyesuaikan dengan waktu luang Anda, begitu juga dengan lamanya waktu berolahraga Anda bisa mengaturnya sendiri.

Gerakan olahraga dirumah sangat sederhana, namun sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah:
 

1. Jogging

Anda tidak harus membeli alat treadmill agar bisa jogging dirumah. Cukup dengan memanfaatkan halaman di depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih lapang untuk bisa melakukan jenis olahraga ini.

Sebelum melakukan jogging, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging juga tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin dilakukan Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat.
 

2. Gerakan Duduk-Berdiri

Olahraga ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup menyiapkan satu buah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan.
Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.
 

3. Naik-Turun Tangga

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging. Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.
 

4. Push-up

Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena anada bisa melakukannya dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan denagn posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.
 

5. Sit-up

Sama seperti gerakan pus-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan. posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk denga posisi telapak tangan tepat di belakang kepala.  

Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan Anda hingga seperti posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu Anda. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dibagian perut.
 

6. Bridge

Gerakan bridge ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah, Anda berbaring terlentang dengan posisi tangan berada disamping badan, kemudian tekuk lutut namun betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai. 

Kemudian angkat pinggul Anda hingga lurus dengan bahu, tahan selama tiga detik dan turunkan pinggul Anda secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang semampu yang Anda bisa.

Gerakan ini berguna untuk melatih otot sekitar pinggul, dan otot bagian paha.
 

7. Wall-sit

Anda bisa memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini. Carilah area diding yang kosong, berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu yang Anda bisa dengan irama yang sama. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan dirumah, jangan lupa sebelum olahraga selalu awali dengan pemanasan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan perbanyak minum air putih, untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar. (Badih Atul Umayah)***

Baca Juga

Cara Mengatasi Anak yang Pilih-pilih Makanan

JAKARTA, (PR).- Buah hati yang terlalu pemilih dalam mengisi perut bisa membuat orangtua pusing tujuh keliling karena anak cuma mau mengonsumsi makanan tertentu.

Siapkan Konser Indonesia Sejuk, Nissa Sabyan Mohon Doa Restu

JAKARTA, (PR). - Kelompok musik religi, Sabyan yang kini tengah menarik perhatian akan menggelar konser tunggal perdananya dengan tajuk "Konser Indonesia Sejuk" di Allianz Ecopark Ancol, 3 November 2018 mendatang.

Menanti Kehadiran Jokowi di Tengah Konser Guns N' Roses

JAKARTA, (PR).- Promotor konser Guns N' Roses siap menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 November 2018 mendatang jika orang nomor satu di Indonesia itu bersedia hadir menyaksikan Axl Rose dan kawan-kawan.

Orangtua Harus Mulai Detoks Gawai

ADAKALANYA orangtua terlalu terpaku pada perangkat teknologi mereka sehingga melupakan hal-hal penting, semisal berinteraksi dengan anak-anak. Di sinilah pentingnya orangtua melalukan detoks gawai.