Louise Joy Brown, Bayi Tabung Pertama di Dunia

Ilustrasi bayi tabung/surrogacyclinics.com

Terlahirnya seorang bayi perempuan dari pasangan Lesley dan John Brown, pada tanggal 25 juli 1978 bernama Louise Joy Brown, terkenal sebagai bayi tabung (test tube baby) pertama di dunia. Seperti dikutip dari Britannica.com, manusia pertama di dunia yang dilahirkan melalui proses pembuahan yang dikenal dengan istilah in vitro fertilization (IVF) ini lahir di Rumah Sakit Umum Daerah Oldham di Manchester, Inggris.
 
Sang ibu melahirkan Louise melalui operasi caesar. Pada saat mengandung, Lesley sedang terkena keracunan pada masa kehamilan. Sehingga sang ibu terkena penyakit toksemia. Bayi perempuan ini berbobot 5 pon 12 onsc (2.61 kg).
 
Pasangan ini sudah mencoba segala cara untuk memiliki keturunan secara alami selama 9 tahun namun gagal karena tuba fallopi yang tersumbat. Sampai akhirnya orang tua John Brown pada tahun 1976 membantu Lesley untuk hamil melalui IVF. Riset ini dikembangkan ilmuwan di Cambridge University, yakni ahli fisiologis Robert Edwards dan ginekolog Patrick Steptoe.

Lesley dan John Brown kemudian sepakat menjalani terapi kesuburan. Para ahli lalu menciptakan embrio di laboratorium yang merupakan hasil pembuahan sel telur dan sperma pasangan tersebut. Embrio itu kemudian ditanamkan dalam rahim Lesley dan berkembang secara normal hingga lahirlah Louise.

Keajaiban medis

Sang ibu ini memiliki mental yang sangat kuat sehingga 4 tahun berikutnya sang ibu melahirkan Natalie yaitu saudara perempuan Louise yang juga lahir lewat prosedur IVF, dan merupakan bayi tabung ke-40 di dunia.
 
Setelah kelahiran Louise melalui proses IVF, program ini dipuji sebagai keajaiban medis. Namun proses IIVF juga menimbulkan masalah etika dan medis sehingga muncullah pro dan kontra terhadap program ini. Terutama adanya penghancuran embrio yang tidak terpakai. Meskipun demikian, program ini banyak digunakan di seluruh dunia IVF dan teknologi reproduksi terbantu lainnya (assisted reproductive technologies/ART) menghasilkan sekitar lima juta bayi di seluruh dunia.
 
IVF menjadi perawatan medis populer untuk mengatasi infertilitas. Ribuan anak di dunia sudah hadir lewat prosedur ini. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari sperma dan telur donor, bukan dari kedua orangtua asli.
 
Saat ini, IVF dianggap sebagai pengobatan utama untuk infertilitas. Ratusan ribu anak-anak di seluruh dunia telah dikandung melalui prosedur ini, dan dalam beberapa kasus lahir dari donor telur dan sperma.

Lebih dari 5.000 pasangan telah mengikuti perawatan kesuburan yang baru. Sementara 20.000 perempuan di Inggris dilaporkan mengalami penyumbatan seperti yang dialami oleh Lesley Brown. (Yenata Eprilli)***

Baca Juga

Polusi Picu Kerusakan Otak Bayi

SETIDAKNYA 17 Juta bayi berumur di bawah satu tahun, menghirup udara beracun akibat polusi. Hal ini membuat perkembangan otak mereka terancam.

4 Fakta Unik Celana Jins yang Tak Banyak Diketahui

SIAPA tak kenal dengan model celana denim yang bernama jins (jeans). Boleh jadi, celana ini adalah yang paling populer di dunia karena dapat digunakan untuk setiap aktivitas tanpa mengenal umur.

Monday Jazz Series Hadirkan Hardi Suryana Quartet

BANDUNG, (PR).- Permainan sarat harmonisasi dengan sisipan improvisasi apik personel Hardi Suryana Quartet tersuguh pada acara "Monday Jazz Series" edisi perdana di Atmosphere Resort Cafe, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Senin, 27 Nove

Produksi Film Biografi Freddie Mercury Ditunda

PRODUKSI film biografi terbaru Freddie Mercury terpaksa harus ditunda. Hal ini menyusul sang sutradara, Bryan Singer dikabarkan mengalami masalah kesehatan sehingga harus sehat sejenak dari aktifitas produksi film tersebut.