Aktor Peraih Oscar Martin Landau Meninggal Dunia

Aktor Martin Landau/REUTERS

LOS ANGELES, (PR).- Martin Landau, aktor multitalenta peraih Oscar meninggal dunia pada usia 89 tahun.

Martin Landau meninggal pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 waktu setempat karena penyakit komplikasi. Landau meninggal setelah dirawat beberapa saat di Ronald Reagan UCLA Medical Center, seperti dikonfirmasi oleh juru bicaranya kepada The Hollywood Reporter.

Nama Landau terdongkrak setelah memerankan seorang homoseksual di North by Northwest yang disutradarai Alfred Hitchcock tahun 1959. Martin Landau lahir di Brooklyn pada 20 Juni 1928. Pada usia 17 tahun, ia bekerja sebagai kartunis pada New York Daily News. Setelah bekerja selama lima tahun, Landau berhenti untuk terjun kedalam dunia akting teater.

Dengan rambut hitam dan mata biru yang tajam, Landau meraih kesuksesan di panggung New York pada Goat Song, Stalag 17 dan First Love. Karena bakatnya, Landau akhirnya ditarik untuk berperan pada North by Northwest.

Setelah penampilan perdananya di serial televisi itu, Landau juga bermain di serial televisi Amerika Serikat, Mission: Impossible. Pada peranannya  sebagai Rollin Hand, pria dengan seribu wajah, di serial Mission Impossible, Landau menerima beberapa nominasi di Emmy Awards dan Golden Globe Awards. Landau juga membintangi komandan John Koenig pada serial sains fiksi di tahun 1970-an yaitu Space: 1999.

Puncak karir

Setelah berhenti dari Mission: Impossible tahun 1969, Landau melanjutkan karirnya. Baru satu dekade setelahnya, Landau mendapat peran dalam film, seperti yang ia cita-citakan. Landau kemudian bermain di film biografi yang disutradarai Ford Coppola pada tahun 1987, Tucker: The Man and His Dream. Landau kemudian dinominasikan pada Golden Globe Awards untuk aktor pendukung terbaik serta Academy Awards dalam kategori yang sama. "Tucker membangkitkan saya," katanya. Setelah itu, ia juga dinominasikan pada film Crimes and Misdemeanors yang disutradarai Woody Allen.

Karir Landau mencapai puncak pada tahun 1995, saat ia memenangkan Oscar sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai Bela Lugosi di Ed Wood. Sebuah film biografikal yang disutradarai Tim Burton yang juga menyutradarai Plan 9 From Outer Space dan film-film terkenal lainnya. Menurut Landau, "Lugosi memiliki kehebatan yang nyata dan kehadiran yang tidak bisa Anda beli."

Di season awal serial televisi Without a Trace (2002-2009), Landau dinominasikan Emmy Award karena perannya sebagai ayah dari agen FBI Jack Malone, tokoh utama serial tersebut.

Martin Landau juga merupakan seorang mentor akting yang dikagumi. Ia mengajarkan tentang kerja keras dan ketekunan pada mentee nya, termasuk Jack Nicholson dan Anjelica Houston. Pada tahun 2009, Landau dan rekan-rekannya dari Actors Studio, sutradara Mark Rydell dan penulis Lyle Kessler, berkolaborasi dan mengadakan Seminar Total Picture Education, sebuah seminar dua hari yang membahas tentang disiplin akting, menyutradarai dan menulis film.

Sebagai pengakuan atas jasanya dalam industri film, nama Martin Landau ada di Hollywood Walk of Fame tepatnya di 6841 Hollywood Boulevard. (Azka Faza)***

Baca Juga

Bernostalgia Lewat Sinema, Kenapa Era 1980-an?

SEPERTI juga membuka-buka album foto lama atau pulang ke kampung halaman, film dapat menjadi sarana untuk bernostalgia. Melalui sinema, indra penglihatan dan pendengaran menjadi pintu masuk menuju kenangan manis di masa lalu.

Besok, Pemenang FFB 2017 Diumumkan

PEMENANG FFB (Festival Film Bandung) 2017 akan diumumkan Minggu 22 Oktober 2017 siang. Pengumuman pemenang akan disiarkan langsung di SCTV.

Panduan Penting Sebelum Menonton Thor: Ragnarok

SUNGGUH 2 jam 10 menit yang sangat menghibur. Terlepas dari adanya plot yang selama ini hilang dalam lini masa Marvel Cinematic Universe (MCU), bisa dibilang, lewat Thor: Ragnarok, MCU semakin matang membentuk dirinya.

Pemenang FFB dari Masa ke Masa

FFB (Festival Film Bandung) merupakan satu-satunya festival film di Indonesia yang melakukan pengamatan dan mengumumkan pemenang dengan predikat "Terpuji" tanpa henti sejak 1988.