Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Memilih Pasta Gigi

Pasta gigi/sonomacountyfamilydental

KEBERSIHAN dan penampilan yang baik menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Salah satu faktor yang menetukan penampilan adalah kebersihan gigi. Tidak bisa dimungkiri bahwa kebersihan gigi sangat berpengaruh pada tingkat percaya diri seseorang. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak selamanya pasta gigi yang digunakan aman untuk kesehatan. Terlepas dari apa tujuan Anda menggunakan pasta gigi, baik itu untuk menyegarkan mulut atau sebagai pemutih gigi, pemilihan pasta gigi harus sesuai dengan kebutuhan yang semestinya. 

Ada sejumlah anggapan tentang pasta gigi yang benar namun juga ada yang salah. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Fluoride

Adanya fluoride dalam pasta gigi adalah keharusan. Fluoride dalam pasta gigi berfungsi mengurangi kerusakan dan kehancuran gigi. Hal itu disetujui para ahli kesehatan gigi.

2. Pemutih

Keberadaan pemutih pada pasta gigi nyatanya tidak benar-benar terjadi. Beragam pendapat mengatakan bahwa menggunakan pasta gigi dapat membuat gigi menjadi putih dan bersinar. Namun nyatanya tidak demikian, pasta gigi hanya berfungsi sebagai pembersih gigi bukan pemutih.

3. Penggunaan secukupnya

Banyak orang berpendapat bahwa menggunakan pasta gigi banyak atau berlebih akan membuat gigi menjadi bersih. Namun nyatanya tidak. Penggunaan pasta gigi berlebih tidak terlalu baik untuk dugunakan sebab gumpalan busa berlebih kemungkinan besar termakan. Justru penggunaan dengan seefisien mungkin akan berbuah hasil maksimal. Penggunaan pasta gigi secukupnya nyatanya sudah cukup merontokan plak, noda, dan sisa-sisa makanan.

4. Penyikatan yang tepat

Percuma membeli pasta gigi mahal dan bermerk jika cara penyikatan gigi yang Anda lakukan salah. Ternyata untuk hasil yang baik dalam hal pembersihan gigi bukan terletak pada seberapa canggih dan mahal pasta gigi namun pada cara penyikatan yang sesuai. 

Menurut direktur American Dental Association (ADA) Seal of Acceptance Program peletakan sikat gigi yang tepat yakni di antara gigi dan gusi dengan rata-rata penyikatan 1-2 menit. (Editio Muhammad Pratama)***
 

Baca Juga

Begini Efek Jika Minum Air Lemon Setiap Hari

MENGONSUMSI air dengan irisan lemon dalam bentuk infused water saat ini menjadi gaya hidup banyak orang. Air lemon banyak dikonsumsi terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Apa Itu Rubella atau Campak Jerman?

RUBELLA atau campak Jerman merupakan penyakit menular atau infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah berbentuk bintik-bintik pada kulit.