Begini Efek Jika Minum Air Lemon Setiap Hari

Lemon/FOOD.NDTV.COM

MENGONSUMSI air dengan irisan lemon dalam bentuk infused water saat ini menjadi gaya hidup banyak orang. Air lemon banyak dikonsumsi terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet. Lemon di dalam air tersebut bukan hanya sekadar hiasan, namun dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Air Lemon mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, potasium, dan serat. Selain memiliki banyak kebaikan, air perasan lemon ternyata juga bisa berakibat buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut adalah efek positif dan negatif tentang air lemon:

Efek positif

· Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi air perasan lemon juga dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin, maka metabolisme dalam tubuh kita akan semakin meningkat. Dengan sistem metabolisme yang baik, maka penyerapan vitamin dan mineral serta proses pengeluaran toksin menjadi lebih optimal.

· Menjaga kesehatan kulit
Air dapat membantu kita dalam proses membuang racun. Vitamin C yang terkandung dalam air perasan lemon akan membantu proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh serta dapat mengurangi kerutan pada wajah.

· Membuat napas lebih segar
Salah satu keuntungan lain yang didapat dari minum air perasan lemon adalah membuat napas lebih segar. Cobalah untuk minum segelas air perasan lemon yang sudah dicampur dengan air hangat setelah makan maupun setelah merokok.

Efek negatif

· Erosi Gigi
Mengonsumsi makanan atau minuman asam (seperti air lemon) terlalu sering, dapat menyebabkan gigi kontak dengan asam. Apabila komsumsi air lemon terlalu sering dan dalam waktu yang lama, maka dapat mengerosi enamel gigi dan membuat gigi sensitif, terutama pada makanan panas atau dingin. Sebagai solusi, apabila ada tetap ingin mengkonsumsi air lemon, gunakan sedotan agar air lemon tidak bersentuhan secara langsung dengan gigi. Apabila sebelumnya Anda sudah pernah mengalami erosi gigi, konsultasikan dengan dokter gigi agar bisa diberikan lapisan pelindung gigi.

· Meningkatkan asam lambung
Mengkonsumsi air perasan lemon secara berlebihan dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung umumnya ditandai dengan adanya rasa panas seperti terbakar pada bagian dada karena asam lambung yang naik menuju ke kerongkongan.

· Sering kencing dan dehidrasi
Lemon mengandung vitamin C yang tinggi atau asam arkorbat, sehingga dapat meningkatkan produksi urin di ginjal yang dapat memicu lebih sering kencing. Karena seseorang sering kencing dan sodium lebih banyak yang keluar, maka risiko dehidrasi juga lebih tinggi. (Idris Ramadhan)***

Baca Juga

Cara Kenali Kelainan Jantung dari Denyut Nadi

JAKARTA, (PR).- Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Dr dr Yoga Yniadi SpJP mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali kelainan irama jantung atau Fibriliasi Atrium dengan m

Bipolar Bukanlah Kepribadian Ganda

KEBANYAKAN orang mengira gangguan bipolar sama dengan kepribadian ganda. Namun hal tersebut ternyata keliru. Kepribadian ganda dalam psikologi klinis dikategorikan sebagai gangguan disosiatif.

Grogi di Keramaian, Ini Cara Mengatasinya

JIKA Anda merasa tidak nyaman, bahkan terlampau cemas dan resah ketika berada di tengah keramaian dan pergaulan, hal tersebut merupakan salah satu gejala dari fobia sosial.