Tips Bugar Berpuasa Ramadan dari Syahnaz

Syahnaz Sadiqah/MUNADY

PRESENTER dan pesinetron Syahnaz Sadiqah tetap bekerja sambil menjalani puasa Ramadan. Syahnaz mengaku beberapa tahun terakhir puasa sambil syuting, ibadahnya tetap lancar. Pemeran sinetron Dunia Terbalik ini pun berbagi tips untuk tetap bugar saat puasa.

1. Jaga fisik  

Sebelum memasuki bulan suci, Syahnaz siapkan ketahanan fisiknya.

“Persiapan puasa paling fisik ya. Seperti biasanya dari tahun ke tahun aku puasa ya syuting juga. Intinya menjalankan puasa harus bisa menahan haus dan lapar,” kata Syahnaz. Ia ditemui di  acara Tebar Kebaikan Ramadhan 1438 Hijriah di kebon Jeruk Jakarta Barat, Jumat 19 Mei 2017.

Dia bersyukur waktu berpuasa lebih banyak ia lalui di lokasi syuting. "Karena kalau dilokasi syuting puasanya tidak terasa. Tiba-tiba sudah buka. Jadi menghabiskan waktu di lokasi syuting aja,” kata adik Raffi Ahmad itu.

2. Makan sayur 

“Saya selalu usahakan setiap sahur makan sayuran dan minum vitamin, juga banyakin minum air putih. Begitu juga dengan bukanya,” imbuhnya.

 

3. Tahan emosi

  
Selain menahan lapar dan haus, Syahnaz menganggap hal yang paling sulit adalah menahan emosi. Apalagi emosi dapat menguras energinya.

"Jadi saat puasa bukan harus nahan lapar dan haus aja, harus juga bisa menahan emosi. Memang puasa itu banyak godaan kaya udah lapar, haus, mana panas terus digangguin sama temen-temen kadang bawaannya pasti emosi. Nah itu yang saya harus hindari," kata dia.
 

4. Hadirkan suasana rumah

 

Syahnaz mengaku yang paling dirindukan saat Ramadan adalah berbuka dan salat tarawih bersama keluarga. "Kalau bisa, buka puasa di rumah. Kalau nggak bisa ya di lokasi syuting. Biasanya buat buka aku bawa kolak pisang," ujarnya.

Mengenai tarawih ia mengaku tergantung lokasi syutingnya. Kalau dekat masjid, ia salat di sela syuting. "Kalau jauh dari masjid, aku pulang dulu tarawih sama keluarga," katanya.***

Baca Juga

5 Fakta Susu Kedelai Jika Jadi Pengganti Susu Formula

AIR susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi dan balita. Namun, pada banyak kasus, bayi juga diberi asupan susu formula. Susu formula dengan kandungan sapi tidak selalu dapat diterima bayi.

10 Fakta Mengenai Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini, sekaligus memperingati berdirinya Organisasi Pangan dan Pertanian PBB pada tanggal 16 Oktober 1945 di Quebec, Kanada.