Sulit Kerjakan PR Matematika, Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi matematika/DOK. PR

MATEMATIKA secara turun-temurun selalu menjadi mata pelajaran yang memerlukan keahlian dan ketelitian lebih. Tak sedikit orang menganggap matematika sebagai sosok yang menakutkan yang pada akhirnya menjauhinya.

Bagi orangtua, membantu pekerjaan rumah anak dengan mata pelajaran matematika juga tentu merupakan tantangan tersendiri. Banyaknya rumus dan tabel membuat orangtua harus turut belajar sebelum membantu anak-anak atau langkah paling instan adalah memberikan tambahan les matematika untuk anak.

Namun, di zaman digital saat ini, banyak aplikasi yang bisa membantu Anda menyelesaikan PR matematika anak Anda dengan lebih cepat. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa menjadi penolong PR matematika anak Anda.

1. Photomath-Kamera Kalkulator
Inilah aplikasi ajaib yang bisa membantu memecahkan PR matematika anak Anda. Bagaimana tidak disebut ajaib, cukup dengan mengarahkan kamera telefon seluler Anda ke soal matematika dan Photomath akan dengan ajaib menunjukkan hasil penghitungan beserta instruksi bertahapnya secara detail.

Bukan hanya itu, pengembang aplikasi ini juga sudah menambahkan fitur agar bisa mengenali tulisan tangan sehingga soal atau PR dari guru yang ditulis tangan pun bisa dibantu dengan aplikasi ini. Bahkan untuk fitur premium dilengkapi dengan instruksi bertahap secara lengkap, penjelasan yang berwarna, dan pengetahuan matematika tambahan lainnya. 

2. Auto Math
Aplikasi AutoMath memungkinkan Anda untuk memecahkan pertanyaan matematika sederhana. Cara kerjanya hampir mirip yakni dengan mengambil foto dari persamaan matematika yang akan dikerjakan meliputi pengurangan, perkalian, fraksi, divisi, kesenjangan, persamaan linear, angka kuadrat, trigonometri, aljabar, dan algoritma dasar. Namun, Automath dikabarkan belum dilengkapi fitur membaca tulisan tangan dan belum disiapkan untuk penyelesaian soal matematika yang kompleks, grafik, tabel, dan kalkulus. 

Saat menggunakannya untuk pertama kali, foto pertama Anda saat menyalin file data akan memakan waktu lebih lama kemudian lebih normal. Setelah foto awal, prosesnya akan jauh lebih cepat .

3. MalMath 
MalMath adalah aplikasi yang bisa membantu memecahkan soal matematika tahap demi tahap lengkap dengan tampilan grafik. Keunggulan dari aplikasi ini, selain gratis, adalah bisa dioperasikan dalam kondisi offline. 

Malmath mampu menyelesaikan soal matematika berupa integral, derivatif, trigonometri, logaritma, persamaan, dan aljabar. Namun, hingga saat ini pengoperasian aplikasi ini masih belum tersedia dalam bahasa Indonesia. 

4. Trik Matematika
Inilah aplikasi matematika buatan anak negeri. Karena buatan negeri sendiri, tentunya kendala bahasa tidak akan muncul bila Anda menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan rumah anak Anda. 
Selain matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, aplikasi ini juga menampilkan pengerjaan khusus soal matematika seperti trik mengalikan dengan angka 11, trik perkalian semua angka kuadrat yang berakhir dengan angka 5, perkalian 2 angka puluhan (angka puluhan sama dan satuannya berjumlah 10).

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, Trik Matematika berisi iklan pihak ketiga.***
 

Baca Juga

Siapkan V40, LG Pionir Smartphone Lima Kamera?

SAAT ini, semakin banyak brand smartphone yang meyuguhkan kualitas yang luar biasa, terutama pada fitur kamera.  Di tahun ini banyak smartphone yang hadir dengan tiga kamera, seperti Huawei P20 Pro. Samsung juga dilaporkan hendak mengusung