Bau Mulut? Ini Obat Alaminya

Dok. PR
LEMON dan madu dipercaya sangat membantu sakit tenggorokan.*

Bau mulut tentu sangat mengganggu ketika kita beraktifitas, terutama saat mengobrol dengan orang lain. Bau mulut bisa saja terjadi meskipun kita sudah menggosok gigi.

Bau mulut dalam istilah medis disebut "halitosis”, yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi gigi yang buruk, masalah kesehatan, makan makanan berbau, mulut kering, merokok, obat-obatan, dan lain-lain.

Ada banyak bakteri yang hidup di belakang lidah dan di bawah gusi. Jika daerah ini tidak dibersihkan secara benar dan teratur, bakteri ini akan menyimpan partikel makanan dan protein lalu melepaskan gas berbau yang mengandung senyawa sulfur. Akibatnya Anda tidak hanya mendapat masalah bau mulut, tetapi juga masalah gigi berlubang dan penyakit gusi lainnya.

Untuk mencegah bau mulut, ada beberapa hal utama yang harus dilakukan yaitu berhenti makan makanan pedas dan berbau, berhenti merokok, menyikat gigi dua kali sehari dan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Selain cara di atas, kita juga bisa menghilangkan bau mulut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut 10 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Cengkeh
Cengkeh memiliki zat eugenol yang berkhasiat sebagai antibakteri. Zat ini dapat mencegah kuman bersarang di mulut dan memberikan nafas segar. Untuk mencegah bau mulut, kunyah 2-3 siung cengkeh atau tambahkan cengkeh dalam teh hijau dan minum 2 kali sehari.

2. Lemon
Lemon sudah digunakan untuk perawatan gigi dan penyegar mulut alami sejak dulu. Komponen asam dalam lemon bisa membunuh pertumbuhan bakteri di mulut dan menyembuhkan beberapa penyakit gusi. Wangi buah lemon juga dapat mengusir bau mulut. Berkumurlah dengan air lemon dua kali sehari agar bau mulut hilang.

3. Peterseli
Peterseli mengandung klorofil yang dapat menetralkan bau mulut. Anda bisa mengunyah beberapa peterseli segar yang dicincang atau tambahkan dalam sup. Jus peterseli juga bisa membantu membersihkan mulut dan membantu proses pencernaan.

4. Mint
Mint menjadi salah satu penyegar mulut favorit orang-orang. Mint bisa menyegarkan nafas dan membunuh kuman dalam mulut. Anda bisa mengunyah permen rasa mint atau menambahkan daun mint segar dalam sandwich untuk menghilangkan bau mulut.

5. Kemangi
Aroma kemangi yang harum bisa menyegarkan nafas dan membuat makanan terasa lezat. Anda bisa mengunyah beberapa daun kemangi atau menambahkan kemangi dalam masakan Anda.

6. Kapulaga
Mengunyah kapulaga bisa menyegarkan napas. Kapulaga juga mempunyai aroma menyegarkan yang bisa membuat suasana hati lebih menyenangkan.

7. Biji Adas
Kandungan antimikroba dalam biji adas dapat membunuh bakteri dalam mulut. Biji adas bisa dibuat teh atau langsung dikunyah untuk menyegarkan mulut.

8. Kayu Manis
Senyawa aldehida sinamat dalam kayu manis dapat menghilangkan bau mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Rebus kayu manis, tambahkan daun salam dan kapulaga, kemudian saring dan minum 2 kali sehari sebagai penyegar mulut.

9. Pir
Buah-buahan penuh serat seperti pir dapat meningkatkan produksi air liur. Pir sangat efektif untuk membunuh bakteri termasuk bakteri dalam mulut sehingga memberikan kesegaran yang tahan lama.

10. Baking Soda
Selain bisa melawan bakteri, baking soda juga membantu menjaga keseimbangan kadar asam di mulut yang bisa menyebabkan bau mulut. Berkumurlah dengan ½ sdt baking soda dan segelas air hangat setiap hari agar mulut tetap segar.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Mudah didapatkan bukan? Selamat mencoba. (Siti Nurasiah)***

Baca Juga

Tema Cinta Jadi Andalan Single Maruli

JAKARTA, (PR).- Tema cinta masih menjadi andalan lagu Maruli Tampubolon yang akan melaunching single, Jumat 7 September 2018. Single 'Semurni Embun Pagi' yang dirilis besok merupakan bagian dari 12 lagu yang akan dijadikan album perdana Maruli.

Menerjemahkan Tren Mode 2019-2020

PARADOKS antara manusia dan kecerdasan intelektual (AI) akan menjadi highlight tren mode di tanah air, satu hingga dua tahun mendatang.

8 Rumah Kecil tapi Cantik Ini Bisa Jadi Inspirasi

MESKI rumah besar adalah impian banyak orang, ternyata masih ada sebagian dari kita yang lebih menyukai rumah kecil, unik, dan sederhana entah karena alasan keterbatasan lahan dan dana, atau memang karena menyukai desain rumah mungil ketim