"Train to Busan” Pecahkan Rekor 10 Juta Penonton

Train to Busan/soompi.com

SEOUL, (PR).- Film "Train to Busan" resmi memecahkan rekor film Box Office Korea terlaris tahun ini.

Film yang dirilis pada 20 Juli ini langsung menduduki puncak Box Office Korea. Train to Busan menjadi film Korea pertama tahun 2016 yang berhasil menggaet 10 juta penonton, setelah sebelumnya rekor jumlah penonton tertinggi dipegang oleh "A Violent Prosecutor" yang berhasil meraih sekitar 9,7 juta penonton.

"Train to Busan" dinobatkan sebagai salah satu dari "Big 4" blockbuster (paling buming) di musim panas ini. Film lainnya yang termasuk Big 4 diantaranya "Operation Chromite," "The Last Princess," dan "Tunnel." " Train to Busan" juga diputar di Festival Film Cannes ke-69 pada awal tahun ini.

Pencapaian ini menjadi pertama kalinya bagi beberapa pemain utama yaitu Gong Yoo, Jung Yoo Mi serta Kim Soo Ahn yang berhasil meraih “10 juta” penonton dalam karir mereka. Dikutip dari Soompi, Gong Yoo sebelumnya menyatakan, "Bahkan membayangkan mencapai 10 juta penonton itu menakutkan. Aku sudah senang bisa mencapai lima juta penonton. Bahkan lima juta merupakan skor tertinggi yang pernah Aku capai."

Ini juga merupakan film pertama sutradara Yeon Sang Ho yang berhasil meraih 10 juta penonton. Dia mendapatkan berbagai pujian karena berhasil memproduksi film zombie yang sangat baik untuk penonton Korea meskipun di Hollywood telah banyak yang mengangkat konsep mayat hidup tersebut.

Keberhasilan film ini juga menarik minat perusahaan produksi film terbesar dunia untuk memperebutkan hak cipta pembuatan ulang film ini. Mulai dari perusahaan produksi film Amerika Serikat 20th Century Fox dan Sony Pictures, berbagai perusahaan Eropa seperti Gaumont, Canal Plus, EuropaCrop dan lainnya, sampai perusahaan Perancis yang ikut tertarik karena film “Train to Busan” sangat relevan dengan kehidupan Perancis di mana kereta api berkecepatan tinggi adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari mereka.

Film ini juga telah berhasil dijual ke 156 negara dan memperoleh pendapatan sebesar 30 miliar won (sekitar 27 juta Dolar Amerika Serikat). "Train to Busan" menceritakan perjuangan penumpang kereta api yang diserang zombie ketika melakukan perjalanan menuju Busan sebuah kota yang aman setelah Korea diserang virus yang tak dikenal. (Siti Nurasiah/Netta Viani Dewi)***

Baca Juga

Film Wiro Sableng Akan Dibuat Trilogi

FILM "Wiro Sableng" akan tayang pada 30 Agustus 2018 mendatang. Film tersebut akan menarik perhatian masyarakat, apalagi para penggemar novel dan sinetronnya.