Bayar Semua Tagihan Melalui 1 Aplikasi Ini

Perwakilan direksi Cek Tagihan menunjukkan aplikasi pembayaran, cek tagihan dan pembelian, di Bandung, Kamis 12 Mei 2016./MOHAMAD ILHAM PRATAMA/PR

BANYAK kemudahan yang ditawarkan melalui perangkat digital dan perkembangannya dewasa ini. Berbekal perangkat dan aplikasi mobile, segala kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Mulai dari berkomunikasi, penunjang pekerjaan dan bisnis, hingga urusan bayar membayar tagihan keperluan rumah tangga. Seperti tagihan listrik, air, telefon, pembayaran BPJS, hingga cicilan kendaraan bermotor dan pembelian tiket.

Hal tersebut kini dapat dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi mobile yang dapat diunduh di Play Store, yakni aplikasi Cek Tagihan.

Cek Tagihan merupakan aplikasi yang diyakini dapat membantu dalam hal pembelian pulsa, pembayaran, pengecekan tagihan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut hanya dengan satu aplikasi.

Berbicara pengecekan tagihan beserta pembayaran dan pembelian, kini memang telah marak bermunculan aplikasi serupa. Namun, apa yang ditawarkan Cek Tagihan, dapat dikatakan dapat dilakukan cukup dengan satu aplikasi, dan tanpa harus membuka atau mengunduh aplikasi lain.

Dikatakan Yosef Sarif selaku Operational Harian Cek Tagihan mengatakan bahwa awalnya aplikasi tersebut telah lahir pada 2011 lalu dengan nama Tagihan Listrik. Penggunanya cukup banyak sebesar 254 ribu pengguna, lalu dikembangkan dengan Aplikasi Telkom juga.

"Memasuki Oktober 2011, kita merilis versi satu dari Cek Tagihan dengan penggabungan cek tagihan listrik dan telkom. Kini, kita membuat versi terbarunya yang mencakup banyak hal, mulai dari cek tagihan, pembayaran dan pembelian," katanya, di Bandung, Kamis 12 Mei 2016.

Yosef menjelaskan, saat ini pengguna Cek Tagihan telah mencapai 404 ribu pemasang. Dengan pengguna di Indonesia sebesar 82%, Amerika Serikat 0,5%, dan Malaysia 0,18%.

"Pengguna ada juga yang di luar negeri. Mereka menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui dan membayar tagihan seperti listrik, dan lain-lain untuk kediamannya yang ada di tanah air. Jadi, tanpa perlu repot lagi, dimanapun ia berada dapat melakukannya mellaui perangkat mobile," katanya.

Sejauh ini, transaksi yang dilakukan mayoritas untuk pembayaran dan pengecekan tagihan air, listrik termasuk pembelian token. Berikutnya pembelian tiket kereta api dan pesawat, juga isi ulang pulsa.

Cara melakukan transaksi pada aplikasi ini, yakni dengan melakukan top up saldo terlebih dahulu. Caranya dapat melalui transfer bank baik itu internet banking dan langsung ke bank yang ditunjuk.

"Misalkan pembelian tiket pesawat, kita bisa bayar nanti dengan jeda waktu yang telah ditentukan setelah Anda mendapatkan kode booking dari maskapai. Namun, jika melewati batas masa pembayaran, maka tiket akan hangus," ujarnya.

Lebih lanjut Yosef menjelaskan, bahwa ada empat poin penting dari aplikasi tersebut. Mulai dari payment point, pembelian tiket, pengisian pulsa, dan voucher game. Untuk voucher game, pada aplikasi ini pengguna dapat memilih game yang ia akan mainkan.

Saat ini, aplikasi tersebut baru dapat digunakan pada sistem operasi Android. Hal tersebut melihat pengguna Android lebih banyak daripada sistem operasi lain speerti iOS.***

Baca Juga

Ternyata Ini Aplikasi Favorit Pekerja Milenial

BANDUNG, (PR).- Mayoritas pekerja milenial saat ini ternyata menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi favorit mereka. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Helpster Indonesia, terhadap para pekerja milenial.