Huawei Mate 10 Pro Smartphone Terbaik 2017

Huawei Mate 10 Pro/THE VERGE

TAHUN 2017 diwarnai dengan berbagai peluncuran smartphone flagship dari berbagai pabrikan. Raksasa Korea Samsung meluncurkan beberapa produk unggulannya dari seri Galaxy mulai dari Galaxy S8 dan S8 plus, serta Galaxy Note 8. Raksasa dari Tiongkok, Huawei juga meluncurkan produk flagship-nya yakni Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro.

Di sisi lain, pemain lama seperti Nokia melalui Nokia 8 dan Blackberry melalui Keyoneblack kembali mencoba peruntungan dengan terjun di sistem operasi Android yang digunakan lebih dari tiga perempat smartphone di dunia ini.   

Dari sekian banyak merek smartphone, situs  gawai terkemuka Android Authority menyeleksi mereka untuk melahirkan satu smartphone yang akan menjadi yang terbaik di 2017. Ada banyak kriteria yang harus dilalui sebuah smartphone untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut.

Bahkan menurut tim Android Authority, mereka melakukan lebih dari 40 tes untuk 1 smartphone untuk memberikan penilaian dari berbagai elemen. 

Mereka juga melakukan uji kelayakan dengan mengakomodasi lebih dari 100 orang yang memberikan penilaian pribadi terhadap smartphone-smartphone yang beredar di 2017.

Namun, secara garis besar, ada tujuh kritera penilaian antara lain di bidang display, audio, kamera, baterai, performa, dan paling menguntungkan untuk saku konsumen.

Menurut mereka, sektor kamera menjadi penilaian yang paling rumit karena ada beberapa kamera smartphone yang secara teknis unggul tetapi penggunanya lebih menyukai hasil dari kamera smartphone yang secara teknis berada di bawah kualitasnya. 

Untuk itu, tim Android Authority membagi dua penilaian di sektor kamera yakni secara objektif dan secara subjektif.

Berikut adalah hasil penilaian dan voting yang dilakukan Android Authority terhadap smartphone yang beredar  secara global di 2017 

Google Pixel 2 XL  tampil menjadi yang terbaik di sektor kamera setelah dilakukan voting yang melibatkan lebih dari 4.000 responden pembaca. Pixel 2 XL meraih angka 36,5%  dari jumlah total suara. 
Di tempat kedua dan berikutnya diduduki Samsung Galaxy Note 8 (22,7%), OnePlus 5T (12,8%)  dan  Huawei Mate 10 Pro (8,2%). Langkah penilaian serupa dilakukan untuk sektor display, audio, performa dan lain-lain.
Tim juga memberikan penilaian terhadap smartphone dengan kategori paling ramah di kantong. Untuk kategori ini juara dipegang OnePlus 5T dengan angka 59,22 dengan selisih tipis dari Nokia 8 yang mencetak angka 56,83 dan di peringkat ketiga Moto Z2 Force dengan angka 44,84. 

Huawei Mate 10 Pro berada di urutan keempat disusul BlackBerry Keyone, Galaxy Note 8, dan LG V30.

Setelah penilaian di berbagai sektor disatukan dan diurut kembali, gelar smartphone terbaik diraih oleh smartphone asal Tiongkok, Huawei Mate 10 Pro disusul Galaxy Note 8, One Plus 5 di peringkat ketiga. 

Sayangnya, hingga akhir 2017  ini, Huawei Mate 10 Pro belum beredar di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia belum bisa menikmati kehebatan smartphone terbaik 2017 tersebut.***

Baca Juga

Tiga Tren Smartphone 2017 Berlanjut di 2018

Tahun 2017 tak banyak melahirkan inovasi besar di dunia telefon pintar. Pabrikan smartphone lebih berlomba untuk menjaring sebanyak mungkin konsumen dengan mengeluarkan varian-varian baru yang hanya berbeda tipis dari varian lainnya.

Tips Agar Membeli Gawai Tidak Dibebani Rasa Bersalah

TAHUN baru, gawai baru. Perkembangan tren gawai terbaru terus berkejaran dengan gawai yang sudah ada. Seringkali hanya dalam hitungan bulan, ada dua atau tiga gawai baru yang diluncurkan berbagai merek elektronik.