Perhatikan Ini Ketika Menggunakan Fasilitas Refinancing Mobil

Ilustrasi/DOK BCA

BANDUNG, (PR).- Salah satu mewujudkan tujuan keuangan adalah melalui kredit. Tak heran bila banyak orang memiliki pengeluaran cukup besar untuk kredit, misalnya untuk cicilan rumah atau mobil.

Saking besarnya pengeluaran itu, kadang membuat seseorang tak bisa mengalokasikan pendapatan untuk hal lain seperti dana pensiun. Salah satu solusi yang mungkin diambil adalah dengan refinancing seperti dikutip Wisebread.

Refinancing sendiri merupakan skema untuk mengubah besar cicilan bulanan, bunga dan tenor pembiayaan. Meski semuanya tergantung besar kredit, bila disetujui kamu bisa memberi ruang lebih lebar untuk pengaturan keuangan.

Refinancing terutama bisa dilakukan bila kamu ingin mempercepat tenor pembiayaan. Kadang, perbankan atau lembaga keuangan lain juga akan memberi bunga lebih rendah.

Besar penghematan?

Menurut hasil survei Experian, setidaknya kamu bisa menghemat 8,8% dari total bunga yang harus kamu bayar. Bila skor kredit buruk, kamu bisa membayar 22,99% lebih mahal. Karena itu, sejak awal, disiplin membayar dan melunasi tagihan bulanan.

Cara memulai refinancing?

Hampir semua bank punya pilihan ini. Beberapa bank juga memberi kemudahan pengajuan refinancing secara daring. Tiap bank memang punya aturan berbeda-beda, misalnya hanya memberi pilihan ini untuk produk mobil baru atau tidak kurang dari 10 tahun.

Selain itu, kadang ada syarat jumlah minimal cicilan yang sudah dibayarkan. Jadi, bila kamu baru membayar beberapa bulan, mungkin pengajuan refinancing bisa jadi ditolak.

Bandingkan

Bila permohonan pengajuan refinancing diterima, biasanya kamu harus membayar biaya penalti. Lihat dan bandingkan skema kredit yang lama dengan yang hasil refinancing dan cari mana yang lebih menguntungkan.***

Baca Juga

Ini Trik Agar Dapat Tiket Pesawat dengan Harga Miring

BANDUNG, (PR).- Akhir tahun semakin dekat. Sudah bikin rencana liburan? Bila belum, Anda bisa segera diskusi dengan teman-teman dekat atau keluarga untuk segera memutuskan tujuan untuk merayakan Tahun Baru 2018.