Saatnya Belanja Online, Diskon hingga 95 Persen Meriahkan Harbolnas

Ilustrasi Belanja Online/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Perhelatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar 12 Desember 2017. Sebanyak 254 pelaku industri akan berpartisipasi dalam ajang ini dengan menawarkan diskon hingga 95 persen.

Ketua Panitia Ha‎rbolnas, Achmad Alkatiri, mengatakan jumlah e-commerce yang berpartisipasi ini merupakan yang terbanyak dalam lima tahun sejarah harbolnas. "Kami memulai Harbolnas pada 2012 dengan jumlah partisipan hanya enam e-commerce,"ujar dia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Menurut dia, momen Harbolnas tahun ini tidak hanya ingin memuaskan konsumen belanja online. "Kami juga ingin memberikan ruang dan momen kepada UMKM dan seller untuk berpartisipasi dan mengembangkan bisnisnya secara digital," ujar dia.

Oleh karena itulah, menurut Achmad, panitia melakukan roadshow Harbolnas ke tiga kota yaitu Surabaya, Makasar, dan Medan. Dalam Roadshow tersebut, para pelaku UMKM diberikan sejumlah materi pelatihan mengenai manfaat dan kiat sukses untuk bejualan online. Para pelaku UMKM juga diberikan informasi bagaimana caranya memanfaatkan Harbolnas 2017 untuk meningkatkan bisnis mereka.

"Dengan rangkaian roadshow yang telah kami lakukan ‎di beberapa kota, kami berharap konsumen di seluruh Indonesia akan lebih paham akan bertransaksi online dan siap dalam menyambut Harbolnas 2017. Dengan demikian, konsumen dapat menikmati belanja online di Harbolnas 2017 dimanapun mereka berada," ujar dia. 

Target transaksi

Sementara itu, ‎Vice President Credit Card Group Bank Mandiri Haris Budiman mengatakan, nilai transaksi kartu kredit dan debit Mandiri di Harbolnas cukup besar hingga mencapai Rp 50 miliar di tahun 2016. Tahun ini, Bank Mandiri menargetkan dapat mencapai transaksi hingga Rp 100 miliar dalam satu hari.

Menurut Haris, transaksi e-commerce hanya berkontribusi 10 persen untuk penggunaan kartu debit dan kredit Mandiri. Meskipun demikian, pertumbuhannya cukup tinggi yaitu mencapai 70 persen per tahun.

"Oleh karena itu kami ingin berkontribusi di Harbolnas dengan memberikan program diskon khusus untuk penggunaan kartu mandiri. Kegiatan ini memiliki pengaruh pada penggunaan kartu kredit maupun debit mandiri," ujar dia.***

Baca Juga

Inflasi 2017 Capai 3,61%

JAKARTA, (PR).- Badan Pusat Statistik merilis indeks harga konsumen Indonesia tahun kalender 2017.