VR, Hadir di Dua Tempat Berbeda dalam Satu Waktu

Salah satu masyarakat mencoba Virtual Reality (VR).

INGIN bisa berada di dua tempat sekaligus dalam satu waktu. Tak jarang manusia memiliki pikiran tersebut saat dihadapkan pada keterbatasan ruang dan waktu untuk menjangkau tempat yang sangat diinginkan. 

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, keinginan tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan. Adalah virtual reality (VR) yang bisa menjadi salah satu solusi untuk menghadirkan suasana sebuah lokasi seperti aslinya dari semua sudut.

Melalui VR, kita bisa melihat sebuat lokasi atau acara dari segala arah, baik atas, bawah, samping kanan, kiri, belakang, dan depan seakan-akan benar-benar berada di lokasi tersebut. Pengalaman yang dihadirkan sangat berbeda dengan hanya menyaksikannya dari layar kaca.

Salah satu contoh terbaru adalah VR serah terima jabatan (Sertijab) Gubernur/Wakil Gubernur Jakarta, kemarin. Siaran langsung Sertijab tersebut bukan hanya bisa disaksikan melalui televisi, tapi juga kacamata VR dengan sudut pandang yang berbeda.

Adalah Smarteye.id dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. yang membuat VR tersebut. Sebelumnya, mereka juga sukses menghadirkan pengalaman luar biasa melalui VR PON September 2016 dan Java Jazz Maret 2017.

Selain menggunakan kacamata khusus, tayangan VR juga bisa dilihat melalui personal computer (PC). Akses kamera multiarah dikendalikan menggunakan tetikus (mouse). Ketika ingin melihat bagian depan misalnya, maka klik, tahan, dan geser (drag) ke arah yang dihendaki.

Tidak berubah

Fahmi Ramadani, Chief Technical Officer (CTO) Smarteye.id, mengatakan, suara dan tayangan yang dihasilkan tidak akan mengalami perubahan apapun, sekalipun pengunjung aktif merubah posisi dan arah mouse-nya. Dengan demikian, seluruh sudut bisa terjangkau tanpa kehilangan momen.

"VR memungkinkan tampilan komplit seluruh situasi dari kamera 360 derajat. Pengalaman yang diberikan saat menyaksikannya dengan menggunakan kacamata khusus dan PC sangat berbeda," tuturnya, melalui siaran pers yang diterima "PR", Selasa 17 Oktober 2017.

Untuk menyaksikan VR Smarteye, menurut dia, masyarakat tinggal mengunduh aplikasi tersebut secara cuma-cuma melalui Playstore dengan nama Smart Eye VR. Ia mengatakan, saat ini dari sisi kualitas, VR yang mereka produksi lebij baik dari sebelumnya.

"Untuk VR Sertijab kemarin misalnya, kami menggunakan kamera 8 lensa. Sebelumnya, kami hanya menggunakan 2 lensa. Capture acara juga dilakukan dari dua lokasi berbeda, sehingga kualitas gambar lebih baik dengan cakupan lebih detil," tutur Fahmi.

Ya, VR memang bisa memberikan pengalaman yang jauh lebih kaya dibandingkan dengan menyaksikan siaran langsung di televisi. Bahkan, bisa memberikan pengalaman yang membuat seseorang bisa "berada dia dua tempat sekaligus dalam satu waktu".

Pengalaman yang diberikan memang tidak 100% sama dengan mereka yang hadir di lokasi langsung. Namun paling tidak, VR bisa mengobati kekecewaan saat tidak bisa berada di lokasi yang diinginkan karrna beragam keterbatasan yang menghalangi.***

Baca Juga

Perkecil Gap Industri Digital dan Dunia Pendidikan!

BANDUNG, (PR).- Gap kebutuhan industri dan pasokan lembaga pendidikan sudah menjadi persoalan laten bagi ekonomi digital. Bahkan, gap di sektor ekonomi digital jauh lebih lebar dibandingkan sektor lain.