Jemaah Umrah Indonesia Urutan Terbesar Kedua Dunia

Pameran Islamic Tourism Expo 2017/SATRIO WIDIANTO/PR

JAKARTA, (PR).- Jumlah jemaah umrah Indonesia menempati urutan terbesar kedua di dunia setelah Pakistan. Menurut statistik terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, hingga pertengahan tahun ini sudah sekitar 6,75 juta visa telah dikeluarkan untuk umrah.

Terjadi peningkatan hampir 6 persen dibandingkan tahun lalu, yakni terdapat 6,39 juta visa. Peziarah umrah Pakistan tahun ini berjumlah 1.446.284 orang, naik 45 persen. Indonesia berjumlah 875.958 orang atau naik 25 persen.

Ketua Panitia Islamic Tourist Expo 2017 Bambang Hamid, mengatakan, expo itu diadakan sesuai komitmen untuk mendukung pengembangan pelaksanaan umrah dan wisata Islami. Juga sekaligus mengedukasi masyarakat dalam memperoleh informasi bisnis layanan umrah serta wisata Muslim secara transparan dan profesional.

"Indonesia saat ini merupakan negara  kedua terbanyak  di dunia dalam pengiriman jemaah umrah, data terakhir mencapai angka 800.000 per tahun," ujar Bambang Hamid yang juga Direktur Utama Hajj People Ind di sela-sela pembukaan Islamic Tourism Expo 2017 di Kota Kasablanka, Selasa 10 Oktober 2017.

Seperti diketahui, banyaknya minat dan keinginan masyarakat untuk melakukan ibadah umrah sering dijadikan sasaran penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, banyak masyarakat yang menjadi korban. Menurut Bambang, pada gelaran ini masyarakat bisa mengikuti seminar dan diskusi.

"Sesuai komitmen kami mendukung penyelenggaraan umrah dan wisata Islami yang transparan dan profesional. Masyarakat tentu perlu sekali hal seperti ini," ujar Bambang menambahkan.

Pembukaan pameran ini dihadiri sejumlah duta besar dan perwakilan dari negara-negara sahabat, terutama negara-negara Islam seperti Saudi Atabia, Malaysia, Tunisia, Uzbekistan dll. Hadir pula perusahaan travel dari Timur Tengah, ASEAN, Eropa dan Asia Tengah, dan Timur Tengah seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Turki, Syria, Palestina, Uzbekistan, China, Korea, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam

Selain itu, ada 60 perusahaan hotel, transportasi, catering dan tour operator dari berbagai negara, 4 mskapai penerbangan, 3 bank syariah, 5 kedutaan besar dan badan pariwisata negara-negara sahabat.

Pameran Islamic Tourism Expo 2017 dimeriahkan penampilan artis Indonesia dan budaya dari berbagai negara sahabat. Pameran ini juga menghadirkan Koleksi Al Qur'an terbesar, terkecil, terindah dan tertua, serta koleksi mushaf Al Qur'an kuno dari seluruh Nusantara dan berbagai negara. Juga ada pula pembagian Al Quran untuk pengunjung. ***

Baca Juga

Prospek Industri Tekstil Sangat Menjanjikan

JAKARTA, (PR).- Direktur Utama PT Trisula Textile Industries Tbk - Karsongno Wongso Djaja memaparkan, prospek bisnis sektor tekstil sangat menjanjikan.