Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan II Diprediksi Tumbuh Meningkat

Ilustrasi/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan II-2017 diperkirakan tumbuh meningkat dibandingkan triwulan I-2017. Menggeliatnya dunia usaha dan meningkatnya konsumsi rumah tangga mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Tatar Priangan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Wiwiek Sisto Widayat mengatakan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), kegiatan usaha pada triwulan II-2017 tumbuh meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 18,31 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan SBT triwulan sebelumnya yang hanya 15,69 persen.

“Secara sektoral, ada dua sektor utama ekonomi Jawa Barat, yaitu sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR), serta sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan,” katanya saat Konferensi Pers Perkembangan Terkini Indikator Makroekonomi Jabar, di Bandung, Jumat, 7 Juli 2017.

Adapun kegiatan usaha pada triwulan III-2017 diperkirakan mengalami ekspansi seiring potensi membaiknya kinerja sektor industri pengolahan dan sektor pertanian. Hal tersebut terindikasi dari SBT prakiraan kegiatan usaha pada triwulan III- 2017 yang mencapai 20,95 persen.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jabar juga terkonfirmasi dari hasil wawancara dalam kegiatan Liaison triwulan II-2017. Berdasarkan hasil Liaison terungkap kinerja penjualan domestik meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.  

Peningkatan tersebut seiring dengan tingginya volume penjualan yang didorong naiknya permintaan, peningkatan harga jual, dan pengembangan produk baru yang diterima dengan baik oleh pasar.

Demikian pula kinerja penjualan ekspor yang mengalami peningkatan terutama didorong oleh tingginya permintaan dari Timur Tengah dan penambahan pasar ekspor di beberapa negara Asia maupun Eropa.***

Baca Juga

Ini Pentingnya Pengendalian Inflasi

JAKARTA, (PR).- Pemerintah selama beberapa waktu terakhir terus konsen melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi.