Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan II Diprediksi Tumbuh Meningkat

Ilustrasi/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan II-2017 diperkirakan tumbuh meningkat dibandingkan triwulan I-2017. Menggeliatnya dunia usaha dan meningkatnya konsumsi rumah tangga mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Tatar Priangan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Wiwiek Sisto Widayat mengatakan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), kegiatan usaha pada triwulan II-2017 tumbuh meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 18,31 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan SBT triwulan sebelumnya yang hanya 15,69 persen.

“Secara sektoral, ada dua sektor utama ekonomi Jawa Barat, yaitu sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR), serta sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan,” katanya saat Konferensi Pers Perkembangan Terkini Indikator Makroekonomi Jabar, di Bandung, Jumat, 7 Juli 2017.

Adapun kegiatan usaha pada triwulan III-2017 diperkirakan mengalami ekspansi seiring potensi membaiknya kinerja sektor industri pengolahan dan sektor pertanian. Hal tersebut terindikasi dari SBT prakiraan kegiatan usaha pada triwulan III- 2017 yang mencapai 20,95 persen.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Jabar juga terkonfirmasi dari hasil wawancara dalam kegiatan Liaison triwulan II-2017. Berdasarkan hasil Liaison terungkap kinerja penjualan domestik meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.  

Peningkatan tersebut seiring dengan tingginya volume penjualan yang didorong naiknya permintaan, peningkatan harga jual, dan pengembangan produk baru yang diterima dengan baik oleh pasar.

Demikian pula kinerja penjualan ekspor yang mengalami peningkatan terutama didorong oleh tingginya permintaan dari Timur Tengah dan penambahan pasar ekspor di beberapa negara Asia maupun Eropa.***

Baca Juga

Penduduk Miskin Jabar Bertambah 300 Jiwa

BANDUNG, (PR).- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah penduduk miskin di wilayah mencapai 4.168.440 juta jiwa pada Maret 2017. Angka tersebut meningkat sekitar 300 jiwa dibandingkan kondisi September 2016.

Ekspor Turun, Mendag Fokus Cari Pasar Baru

JAKARTA, (PR).- Nilai Ekspor Indonesia Juni 2017 menurun 18,82 persen dibandingkan‎ bulan sebelumnya berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik. Hal itu dipengaruhi oleh momen lebaran dan libur panjang.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tumbuh 20 Persen

BANDUNG, (PR).- Angka kunjungan wisatawan asing ke tanah air mencatatkan pertumbuhan positif sepanjang semester I-2017. Tercatat, selama periode tersebut kunjungan wisatawan asing ke nusantara tumbuh 20 persen.

Kanwil DJPBN-DJKN Jabar Buka Layanan Bersama

BANDUNG, (PR).- Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Jawa Barat , Kanwil Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Jabar, dan Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Perwakilan Kemenkeu Jabar membuka layanan bersama (Co-Location).

Daerah Diminta Diversifikasi Sumber Pertumbuhan Ekonomi

BALIKPAPAN, (PR).- Pemerintah daerah diminta melakukan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi‎. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontraksi pertumbuhan ekonomi karena terlalu tergantung pada Sumber Daya Alam (SDA).