Jangan Tanam Kentang Impor

NGAMPRAH, (PRLM).- Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Bandung Barat, Ida Nurhmida mengimbau para petani tidak menanam benih kentang impor, karena belum tentu kualitasnya baik. Bahkan, kentang impor juga berpotensi menyebabkan tersebarnya penyakit nematoda sista kuning (NSK) yang merusak tanaman.

“Jangan tergoda dengan bentuk kentang impor yang bagus, seperti ukurannya yang besar dan tampak segar. Kentang impor sebenarnya harus dikarantina dulu agar kualitasnya terjamin,” katanya saat ditemui di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (3/11).

Ida mengungkapkan, tak jarang petani yang tergoda untuk menanam benih kentang impor karena melihat bentuknya yang baik. Padahal, menurut dia, kentang impor yang belum teruji kualitasnya dikhawatirkan menyebarkan penyakit NSK pada tanaman yang baru steril dalam 20-30 tahun.

Meskipun bentuknya tidak mencolok, kentang lokal lebih baik kualitasnya karena dataran rendah di Indonesia sangat mendukung untuk pertumbuhan kentang dengan kualitas yang terjamin. Di Kabupaten Bandung Barat, daerah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman kentang yaitu di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta. (A-192/A-88)***

Baca Juga

Jelang Puasa, Pemerintah Lakukan Intervensi Harga Bahan Pokok

JAKARTA, (PR).- Pemerintah melakukan intervensi harga bahan pokok di pasar dalam rangka menghadapi bulan puasa 2018. Intervensi harga tersebut dilakukan pada komoditas beras, daging sapi, minyak goreng, gula, daging ayam dan telur.

Menunaikan Penyempurnaan Shaum dengan Zakat Fitrah

Semakin Diminati, Seperti Ini Perkembangan Zakat Non Tunai

JAKARTA, (PR).- Pembayaran zakat non tunai semakin diminati masyarakat Indonesia.‎ Selain mempermudah pembayaran, fasilitas transaksi non tunai yang disediakan lembaga penyalur zakat juga dapat meningkatkan jumlah donasi.

Libur Panjang, Pertamina Promo Gratis 1 Liter Bensin

JAKARTA, (PR).- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III memberikan promo gratis 1 liter bensin di 10 SPBU di jalur tol. Promo tersebut berlangsung selama libur panjang akhir pekan ini.