Jelang Pengoperasian Flyover Padasuka, akan Dilakukan Rekayasa Lalu Lintas Situasional

Jembatan flyover jembatan/DEDEN IMAN/PR
PETUGAS menyeberangi jembatan flyover Padasuka yang belum selesai dibangun di Kelurahan Padasuka, Kota Cimahi, Senin 17 Juli 2017. Pemkot Cimahi belum bisa memastikan penyelesaian pembangunan jembatan layang yang baru berjalan sekitar 76 persen. Waktu yang terbatas dikhawatirkan tidak cukup untuk penyelesaian. Sehingga kondisi pembangunan terhenti seperti di akhir tahun 2016 bisa terulang kembali.*

CIMAHI, (PR).- Jelang pengoperasian jembatan layang (flyover) Padasuka Kota Cimahi, Satlantas Polres Cimahi menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut. Pengaturan spesifik bakal diterapkan situasional sesuai kebutuhan lapangan. 

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan hal itu, Minggu 9 September 2018. "Ketika flyover tersebut nantinya sudah dibuka, rencana rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan secara situasional melihat kebutuhan lapangan," ujarnya.

Polres Cimahi mendukung operasional Flyover Padasuka tersebut sebagai akses lalu lintas yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Dibangunnya flyover bisa menyambungkan wilayah Padasuka menuju Gerbang Tol Baros sekaligus bisa mempercepat waktu tempuh ke arah Padalarang.

Kendati demikian, pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalulintas secara umum untuk antisipasi kepadatan arus lalulinatas di kawasan Warung Contong menuju Gunung Bohong. "Kita perlu lihat dulu kalau flyover sudah dibuka volume arus lalu lintas seperti apa. Kalau ada peningkatan baru dilaksanakan rekayasa, termasuk daerah sekitarnya," katanya.

Pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di sekitar flyover maupun Warung Contong dan di kawasan Armed untuk mengatur arus lalu lintas demi kelancaran pengguna jalan. "Untuk penempatan personel di area Warung Contong, saat ini sudah dilakukan karena kondisi volume arus lalulintas di kawasan tersebut fluktuatif. Rekayasa lalulintas tetap akan kita siapakan apabila ada peningakatan volume arus lalu lintas, nanti dari arah rumah sakit satu arah. Biasanya peningkatan volome kendaraan itu saat pagi dan sore hari," ujarnya mengungkapkan.

Terkait rencana rekayasa arus lalulintas disekitar Flyover Padasuka, lanjut Suharto, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada warga setempat di Kantor Kelurahan Padasuka. "Sosialisasi sudah dilakukan bersama pemerintah karena pembangunan sudah selesai. Untuk rekayasa juga sebagai antisipasi kepadatan volume kendaraan di dalam kawasan perumahan," katanya.

Belum bisa dilintasi

Meski pembangunan sudah tuntas, Flyover Padasuka belum bisa dilintasi oleh kendaraan. Pembuatan flyover dengan lebar 9 meter terbagi untuk badan jalan 7 meter dan bahu jalan masing masing 1 meter serta mempunyai panjang sekitar 67 meter.  Pemerintah Kota Cimahi masih masih menunggu pemeriksaan dari Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Puslitjatan) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan surat kelaiakan infrastruktur baru tersebut. Jika ijin sudah dikantongi, flyover bisa segera dibuka dan dapat dimanfaatkan masyarakat. 

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bakal memasang portal dan pembatasan jenis kendaraan yang melintas di flyover Padasuka, Kota Cimahi. "Untuk kendaraan angkutan barang dan mobil bertonase besar dipastikan tidak diperbolehkan masuk," kata Kepala Bidang Dishub Kota Cimahi Endang.

Dikatakan Endang, pihaknya sudah mengecek langsung ke lapangan dan dalam waktu dekat akan ada pemasangan kelengkapan jalan, seperti marka jalan, rambu dan petunjuk jalan. Juga sudah terlihat beberapa alat kelengkapan jalan seperti petunjuk jalan di sekitar Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah. "September melengkapi marka dan rambu jalan yang masih kurang," tuturnya.

Selain itu, lanjut Endang, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi terhadap warga sekitar Flyover Padasuka. Sebab, dengan dibukanya flyover Padasuka bakal berimbas pada arus lalin baik yang di Jalan Warung Contong ataupun Jalan Padasuka. Flyover Padasuka dibangun untuk memudahkan akses warga dari Jalan Usman Domiri menuju Warung Contong. Flyover tersebut juga akan menjadi akses baru dari Cimahi menuju Kabupaten Bandung Barat atau sebaliknya.

"Sosialisasi di awal September kepada masyarakat khususnya yang ada di Komplek Padasuka dan di Jalan Contong. Untuk pengaturan lalu lintas, menjadi kewenangan Polres Cimahi," katanya menjelaskan.***

Baca Juga

BPJS Kesehatan Juga Menunggak 3 Bulan pada RSUD Cibabat

CIMAHI, (PR).- Klaim pembayaran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menunggak selama 3 bulan terakhir ke RSUD Cibabat. Hal tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap pelayanan di rumah sakit tersebut.

DPRD Cimahi Minta Kuota PNS untuk Tenaga Pendidik Ditambah

CIMAHI, (PR).- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Edi Kanedi meminta Pemerintah Kota Cimahi segera melaporkan dan meminta kepada Menpan RB untuk menambah kuota Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama untuk tena