70 Masjid di Cimahi Sumbang Korban Gempa Lombok

Masjid Cimahi sumbang Lombok/WIDODO A
KETUA DKM Masjid Agung Cimahi, H Totong Solehudin (tengah) didampingi Nadir Masjid Agung Cimahi, HE Djazuli dan Bendahara DKM H Tosin Natatmaja menyerahkan sumbangan Rp 37.500.000 untuk korban bencana gempa bumi Lombok, NTB di Masjid Agung Cimahi, Jumat 7 September 2018.*

CIMAHI, (PR),- Sebanyak 70 masjid yang berada di Cimahi bergotong royong mengumpulkan dan untuk bantuan Lombok. Hasil yang diperoleh mencapai Rp 37.500.000, dan bantuan tersebut dititipkan kepada Dompet PR di hadapan jemaah salat Jumat Masjid Agung Cimahi oleh Ketua DKM masjid Agung Cimahi, H. Totong Solehudin kepada Manager Marcom PR Herman Yamashita didampingi Pengurus Yayasan PR H. Baedarus dan H. Widodo Asmowiyoto, Jumat 7 Agustus 2018. Hadir pula pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan Darul Amanah Barokah Ust Mas'udi Adnan dan Nadzir Masjid Agung Cimahi KH. Endang Djazuli.

Ketua Yayasan Darul Amanah Barokah Ust Mas'udi Adnan mengatakan, sumbangan ini merupakan sumbangan yang kedua kali. Pertama sumbang dari Pengelola masjid Agung Cimahi yang sudah diserahkan sebelumnya dan sumbangan kedua merupakan gabungan dari 70 masjid yang ada di Cimahi. Sebab NTB kata dia, dikenal dengan sebuah Pulau Seribu masjid. Sedangkan di Cimahi juga terdapat 325 RW, 15 desa, dan 3 kecamatan dengan jumlah masjid dan musala mencapai 1.000.

"Makanya kami ingin membantu meringankan saudara-saudara kami di Pulau Seribu masjid dari Kota Seribu masjid," tuturnya.

Proses pengumpulan bantuan ini dikerjakan oleh tiga pihak, Ikatan jemaah Masjid Agubg Cimahi, DKM Masjid Agung Cimahi, dan Yayasan Darul Amanah Barokah. Dengan cara menyebarkam kotak amal ke 70 masjid dan waktu pengumpulan dananya lebih kurang 15 hari mulai tanggal 14-30 Agustus 2018.

Ketua DKM Masjid Agung Cimahi H. Totong Solehudin mengatakan, potensi masjid dan musala di Cimahi sangat luar biasa. jemaahnya ikut merasakan penderitaan yang sedang dialami oleh masyarakat Lombok dan NTB sekitarnya. "Jumlah sumbangan yang diberikan warga, mungkin tidak besar tapi 'rereongannya' itu yang luar biasa," tuturnya.

Manager Marcom PR Herman Yamashita mengucapkan terima kasih atas kebersamaan masyarakat Cimahi khususnya dari 70 masjid yang telah mempercaya dan menitipkan bantuannya kepada Dompet PR. Dompet PR kata dia, dikelola oleh yayasan tersendiri yang terpisah dari pengelolaan PR sebagai perusahaan sehingga keberadaannya sebagaiblembaga sosial dapat dipertanggungjawabkan secara profesional.

Ketua Yayasan PR H. Baedarus menambahkan, ada tiga penanganan bantuan saat terjadi bencana yaitu tanggap darurat, recovery, dan rekonstruksi. Berhubung lokasi bencana jauh, Dompet PR tidak memberikan bantuan untuk penanganan tanggap bencana dan recovery. Bantuan diberikan pada saat nanti rekonstruksi, pembangunan kembali sarana umum yang rusak akibat bencana.

Biasanya bantuan yang diberikan Dompet PR khusus untuk rekonstruksi bangunan sekolah, madrasah, dan rumah-rumah ibadah. Diharapkan nantinya, akan ada monumen yang membantu masyarakat terdampak bencana di bidang pendidikan (sekolah dan madrasah) dan rumah ibadah (masjid dan musala).***

You voted 'terinspirasi'.

Baca Juga

Al Azhar Syifa Budi Peduli Lombok

BANDUNG, (PR),- Kepedulian terhadap Lombok mengalir terus ke Dompet Pikiran Rakyat. Kali ini datang dari Keluarga Besar Sekolah Al Azar Syifa Budi Parahyangan Bandung.

ASMTB Teken Kerjasama dengan Pikiran Rakyat

BANDUNG, (PR),- Untuk meningkatkan sumber daya manusi (SDM) yang berkualitas dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi, Akademi Sekretaris Manajemen Taruna Bakti (ASMTB) Bandung menandatangi kerjasama dengan PT Pikiran Rakya