Kemendagri: Pelantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 27 September 2018

Meninjau puing sisa kebakaran/DOK HUMAS PEMKOT BANDUNG
WALI Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) meninjau sisa kebakaran Pasar Gedebage, Selasa 4 September 2018.*

BANDUNG, (PR).- Presiden Joko Widodo bakal melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dalam dua tahap. Tahap pertama digelar di Istana Negara pada Rabu, 5 September 2018, dan kedua, Kamis 27 September 2018. Pelantikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil masuk tahap kedua.

Kabar ini mengklarifikasi kabar sebelumnya bahwa pelantikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil maju menjadi 5 September 2018. Informasi disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. Pada tahap pertama, dilantik delapan gubernur yakni; Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah. Lalu Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

“Tahap kedua tanggal 27 September untuk empat provinsi,” kata Sumarsono seperti dilaporkan Kantor Berita Antara. Empat daerah yang masuk tahap kedua yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara nanti akan dihadiri undangan terbatas. Selain gubernur dan wakil gubernur yang dilantik, turut diundang para pendampingnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta penjabat gubernur dan istri.

Pelantikan juga akan diramaikan oleh pejabat pemerintah pusat, serta para menteri kabinet kerja. “Sejumlah pejabat dari daerah yang hadir, tidak semua masuk gedung. Namun disediakan video besar untuk nonton bareng prosesi pelantikan di gedung sebelah dalam kawasan Istana,” ujar Sumarsono.

Saat ini Sumarsono telah berada di Jakarta untuk mempersiapkan pelantikan serentak. Namun dia akan kembali ke Sulsel untuk prosesi serah terima jabatan setelah pelantikan di Istana Negara.

“Sertijab akan digabung dengan acara lepas sambut, pada tanggal 7 September 2018,” katanya

Memaksimalkan sisa waktu memimpin Kota Bandung

Sementara itu, Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil akan memaksimalkan sisa waktu masa jabatannya sebagai wali Kota Bandung. Ia masih akan menyelesaikan sejumlah pekerjaan sebelum masa jabatannya berakhir pada 16 September mendatang.

"Saya masih ada urusan dan pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum masa jabatan berakhir," kata Ridwan di Pasar Gedebage, Selasa 4 September 2018.

Ia mengungkapkan, pelantikan Gubenur Jawa Barat direncanakan pada 27 September mendatang. Pelantikan Gubernur Jabar oleh Presiden RI, Joko Widodo masuk pelantikan tahan II. Sedangkan pelantikan tahap I akan dilaksanakan pada 5 September ini.

"Gubernur yang dilantik 5 September nanti yaitu 8 daerah. Jabar tidak termasuk di 5 September besok. Mungkin karena 8 daerah tersebut telah habis masa jabatannya," kata dia dalam rilis Humas Pemkot Bandung.***

Baca Juga

Haru di Gedung Sate

TAK terasa sudah dua bulan lebih pimpinan tertinggi Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi mandat Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Lantik 6 Kepala Daerah, Ini Wejangan Ridwan Kamil

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin langsung pelantikan enam kepala daerah di Gedung Merdeka jalan Asia Afrika kota Bandung, Kamis, 20 September 2018.