Pelantikan Enam Kepala Daerah di Jawa Barat Akan Mirip Historical Walk KAA

Historical walk KAA/ Dok Museum KAA

BANDUNG, (PR), - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengagendakan pelantikan enam kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak di Jabar pada Kamis 20 September 2018. Pelatikan akan digelar di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung. 

Pasangan kepala daerah tersebut akan pula diinapkan di Hotel Savoy Homann guna memudahkan konsentrasi dan mengurangi dampak kemacetan jika menggunakan kendaraan pribadi. 

"Jadi tidak perlu bawa mobil, langsung jalan kaki saja ke Gedung Merdeka, mirip historical walk Konferensi Asia Afrika," tutur Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa, Senin 27 Agustus 2018.

Adapun keenam kepala daerah yang akan dilantik nanti, satu di antaranya merupakan wali kota Bandung terpilih Oded M Danial. Sisanya, sepuluh pasangan kepala daerah akan dilantik dalam dua gelombang selanjutnya. 

Akan ada penjabat dengan masa kepemimpinan singkat

Iwa mengatakan sudah melakukan rapat persiapan pelantikan  tersebut. Waktu tersebut dipilih tepatnya setelah gubernur terpilih dilantik yang direncanakan pada 17 September mendatang. Iwa pun menyusun agenda pelantikan untuk enam kepala daerah yang akan dilantik gubernur sebagai kepanjangan tangan Kemendagri. 

Menurut Iwa, rencana pelantikan tersebut masih bisa berubah menunggu informasi dari pusat. Hal itu termasuk informasi pelantikan gubernur maupun kepala daerah kota kabupaten.

"Kita siapkan saja dulu, sambil menunggu surat resmi dari pusat. Yang pasti akan ada tiga gelombang pelantikan. Namun hal itu tergantung dengan masa jabatan kepala daerah terpilih tersebut," ujar Iwa. 

Salah satu pasangan kepala daerah yang akan dilantik adalah Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Menurut informasinya, Oded berakhir masa jabatannya pada 17 september maka dengan demikian perlu ada pencopotan masa jabatannya dan digantikan Sementara oleh Pj terlebih dahulu. 

"Kota Bandung tidak boleh kosong kekuasaan meski lima menit karena dia kan pengambil keputusan. Saya juga paling singkat 6 hari (jadi pelaksana harian gubernur)," kata dia.***

Baca Juga

KNRP Jabar Gelar Konser Amal Solidaritas Palestina

BANDUNG, (PR).- Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Jawa Barat sebagai pelopor lembaga kemanusiaan peduli rakyat Palestina menggelar konser amal solidaritas untuk Palestina dengan tema selalu ada cinta untuk Palestina.