Satgas Citarum Tutup Saluran Siluman Pembuangan Limbah Industri di Batujajar

SATGAS Citarum Sektor 9 menutup saluran siluman pembuangan limbah perusahaan tekstil PT Indorama di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 30 Agustus 2018 malam

NGAMPRAH, (PR).- Satgas Citarum Sektor 9 menutup saluran siluman pembuangan limbah perusahaan tekstil PT Indorama di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 30 Agustus 2018 malam. Penutupan dengan cor semen ini dilakukan lantaran perusahaan tekstil ini diduga membuang limbah cair di atas baku mutu ke sungai.

Pantauan PR, ada dua saluran yang digunakan untuk pembuangan limbah cair perusahaan tersebut, di mana salah satunya diduga digunakan untuk membuang limbah tanpa diolah. PH limbah tersebut menunjukkan angka 10, di atas ambang batas, yakni 6.00-9.00.

Dansektor 9 Satgas Citarum Arief Prayitno mengungkapkan, perusahaan ini dilakukan pengecoran setelah pihaknya memberi dua kali peringatan. "Setiap peringatan, kami beri waktu perusahaan agar memperbaiki pembuangan limbahnya. Namun, hasilnya tidak ada perubahan," ujar Arief.

Dia menuturkan, dugaan pembuangan limbah di atas baku mutu terungkap berdasarkan sidak Satgas Citarum pada malam hari beberapa waktu lalu. Dari sampel yang diambil di saluran siluman, didapat air berwarna cokelat.

Menurut Arief, perusahaan ini yang pertama kalinya dilakukan eksekusi penutupan saluran pembuangan limbah di sektornya. "Kami beri waktu lagi dua pekan ke depan kepada perusahaan untuk memperbaiki pengolahan limbahnya," ujar Arief seraya menambahkan, perusahaan juga diminta menanam ikan pada kolam indikator untuk mengetahui kebersihan limbah yang dibuang.

Sementara itu, pihak perusahaan tersebut belum memberikan keterangan soal pengecoran saluran siluman itu. Namun, perwakilan perusahaan menandatangani surat pernyataan bahwa telah dilakukan penutupan saluran yang diduga digunakan untuk membuang limbah tanpa diolah.***

Baca Juga

12 Saluran Limbah Pencemar Citarum Kembali Ditutup

SOREANG, (PR).- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung dan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum menutup sedikitnya dua belas saluran pembuangan limbah pabrik di sepanjang Sungai Cisuminta sebagai salah satu anak Sungai Citarum di Kawasan

Manfaat Sungai Citarum Belum Merata Dirasakan Warga

BANDUNG,(PR).- Sungai Citarum saat ini dinilai belum memberikan manfaat untuk warga disepanjang daerah aliran sungai (DAS). Hanya beberapa wilayah saja yang bisa menikmati kehadiran Sungai Citarum.