Cimahi Akan Tata Ulang Rute Angkot

Angkot Cimahi/RIRIN N.F/PR
DINAS Perhubungan Kota Cimahi segera melakukan penataan ulang rute (re-routing) angkutan kota (angkot) untuk memperluas jangkauan layanan angkutan umum.*

CIMAHI, (PR).- Layanan angkutan kota (angkot) di Kota Cimahi belum menyeluruh ke seluruh wilayah. Dinas Perhubungan Kota Cimahi segera melakukan penataan ulang rute (re-routing) angkutan kota (angkot) untuk memperluas jangkauan layanan angkutan umum, disamping sebagai upaya membatasi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya demi menekan kemacetan lalu lintas.

"Transportasi publik ini merupakan faktor utama untuk mengurangi dan membatasi penggunaan kendaraan pribadi di jalanan. Setiap tahun pertumbuhan kendaraan di Cimahi mencapai 7 persen, sedangkan infrastrukturnya sangat sedikit," ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto, ditemui disela-sela kegiatan sosialisasi Pelayanan Angkutan Orang Dalam Trayek di Hotel Endah Parahyangan Jalan Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi , Kamis 23 Agustus 2018.

Adapun rute angkutan kota yang akan ditata ulang yakni trayek lokal Cimahi dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), yang melintasi wilayah Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, maupun Kota Bandung.

Saat ini jumlah angkutan umum trayek lokal di Kota Cimahi mencapai sekitar 430 unit. Trayek lokal wilayah Kota Cimahi baru tiga,  yakni trayek Cimindi-Pasar Antri, Cibeber-Pasar Antri via Contong serta Cibeber-Pasar Antri via Leuwigajah. Sedangkan total jumlah angkutan umum yang melintas di Kota Cimahi mencapai 3.000 unit.

"Penataan rute angkutan diupayakan dengan tidak menambah trayek dan unit angkot. Turut melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan  pihak kepolisian. Termasuk, para pemangku kebijakan yang berkepentingan dalam tata ulang rute angkot terutama pelaku usaha angkot hingga masyarakat," ucapnya.

Menurut Ruswanto, penataan ulang rute angkutan umum di Cimahi lantaran masih banyak jaringan jalan yang belum terfasilitasi angkutan kota.

"Kalau untuk terlayani semua butuh waktu, terutama jalan-jalan kampung ada beberapa yang tidak dilintasi angkutan. Makanya kita kaji lagi rutenya," ucapnya.

Salah satu jalur yang harus segera terlayani adalah jalur Padasuka, dalam waktu dekat Flyover Padasuka yang dibangun sejak 2 tahun lalu kini sudah selesai dan siap beroperasi tinggal menunggu pemeriksaan dari Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Puslitjatan) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan surat kelaiakan. 

"Untuk rute angkutan yang melewati Flyover Padasuka juga perlu kita pikirkan agar masyarakat terlayani. Meski belum bisa dipastikan kapan bisa dilintasi karena harus mendapat rekomendasi dari Dishub Provinsi untuk perizinan angkot AKDP-nya," jelasnya.

Perluasan wilayah pelayanan angkot membuat masyarakat pengguna angkot bisa menikmati pelayanan angkutan umum dari pelosok kota ke pusat kota dan sebaliknya. "Hal itu mudah-mudahan bisa mengurangi kepadatan jumlah kendaraan terutama pusat kota, dan meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum. Kemacetan terbukti menimbulkan keruhian secara materi hingga kesehatan masyarakat," katanya.

Butuh kajian

Mengenai penataan ulang rute angkutan kota yang melintasi Cimahi, Analis Angkutan Darat pada Bidang Transportasi Darat Dishub Jawa Barat Teviani Wulansari, menyebut akan melakukan kajian terlebih dahulu. Ada empat hingga lima trayek AKDP yang melintasi lebih dari satu wilayah, diantaranya Cimahi - St. Hall, Cimahi - Leuwipanjang, Cimahi - Padalarang, Cimahi - Soreang, dan Cimahi - Ledeng.

"Kita akan lihat dulu kemungkinan penataan rute ulangnya seperti apa, karena yang AKDP itu memang kewenangannya ada du Dishub Provinsi. Kalau memang terkena program re-routing, pasti akan kami komunikasikan lagi," tuturnya.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Lantas Polres Cimahi, Iptu Dudy Iskandar, menyatakan pada prinsipnya Polres Cimahi Mendukung upaya penataan rute angkot. "Kami dukung, namun perlu dibicarakan dengan semua stakeholder supaya kebutuhan masyarakat terlayani dan tidak ada yang dirugikan," katanya.***

You voted 'senang'.

Baca Juga

Para Supir Angkot Cimahi Diperiksa Kesehatan

CIMAHI, (PR).- Tak melulu pemeriksaan kendaraan, pengemudi angkutan umum turut jadi sasaran pemeriksaan kesehatan. Hal itu dilakukan memastikan kesehatan pengemudi layak mengendarai kendaraan karena menyangkut keselamatan penumpang.

DPRD Cimahi Minta Kuota PNS untuk Tenaga Pendidik Ditambah

CIMAHI, (PR).- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Edi Kanedi meminta Pemerintah Kota Cimahi segera melaporkan dan meminta kepada Menpan RB untuk menambah kuota Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama untuk tena

Ogah Kekeringan, Petani Cimahi Hentikan Aktivitas Tanam

CIMAHI, (PR).- Kemarau panjang dipastikan tidak akan mempengaruhi produksi tanaman pangan di Kota Cimahi.  Saat masuk musim kemarau sebagian besar lahan pertanian di Kota Cimahi sudah masuk musim panen, sebagian petani juga memilih tidak m