Jabat Kapolrestabes Bandung, Irman Sugema Gantikan Hendro Pandowo

Kombes Pol Irman Sugema/JOKO PAMBUDI/PR
Jabatan Kapolrestabes Bandung secara resmi diserahterimakan dari Kombes Pol Hendro Pandowo kepada Kombes Pol Irman Sugema, Sabtu, 18 Agustus 2018.*

BANDUNG, (PR).- Jabatan Kapolrestabes Bandung secara resmi diserahterimakan dari Kombes Pol Hendro Pandowo kepada Kombes Pol Irman Sugema. Serah terima jabatan dilaksanakan di Aula Muryono Mapolda Jawa Barat, dipimpin oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Sabtu, 18 Agustus 2018 pagi.

Kemudian pada siang hingga sore hari, pisah-sambut dilaksanakan di Mapolrestabes Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Irman Sugema beserta istri disambut di halaman Mapolrestabes Bandung dengan upacara pedang pora. Dia kemudian bersalaman dengan keluarga besar Polrestabes Bandung, termasuk seluruh pejabat utama, kapolsek, serta pejabat sebelumnya, Hendro Pandowo.

Prosesi dilanjutkan dengan apel yang melibatkan pejabat lama serta pejabat baru. Hendro menyampaikan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran Polrestabes Bandung, terutama sejak dia menjabat 20 bulan silam. Dia meyakini, seluruh pencapaian merupakan hasil kerja bersama. "Semua bisa kita atasi dengan kebersamaan," kata Hendro.

Kepada pejabat baru, dia berharap amanah dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. "Saya titip anggota saya. Saya titip masyarakat Bandung. Kita sudah komitmen, Bandung aman bagi warganya, dan tidak aman bagi pelaku kejahatan. Selamat bertugas, semoga aman dan lancar," katanya.

Sementara itu, Irman Sugema mengakui kinerja Kapolrestabes Bandung sebelumnya dalam menjaga keamanan Kota Bandung. "Bukan hanya harum di sini, tapi sampai ke Jakarta. Saat saya belum masuk ke sini, masih warga Jakarta, informasi dari kewilayahan masuk. Masyarakat Jakarta yang mau masuk ke Bandung sekarang merasa aman," katanya.

Dengan jabatan baru tersebut, dia berharap semua pihak dapat bersama-sama mempertahankan kinerja. "Apa yang sudah baik tolong dijaga, jangan dikurangi, jangan dihilangkan, tapi ditingkatkan," kata Irman.

Hendro Pandowo tercatat menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung sejak 12 Desember 2016. Selama mengemban amanah tersebut, kinerja kepolisian kerap mendapat apresiasi. Hal itu berkaitan dengan penurunan angka kriminalitas serta kecepatan penanganan kasus kejahatan, termasuk sejumlah kejadian yang viral di media sosial. 

Dia juga merupakan Kapolrestabes Bandung pertama yang mendapat penghargaan Bintang Bandung Utama dari Pemerintahan Kota Bandung atas kinerja tersebut.

Berkaitan dengan jabatan Kapolrestabes, dia kerap mengemukakan kalimat "Kota Bandung aman bagi warganya, tapi tidak aman untuk pelaku kejahatan". Selain menjadi komitmen bagi warga, kalimat tersebut juga merupakan motivasi bagi seluruh anggota di jajaran Polrestabes Bandung.

Menjelang berakhirnya masa tugas sebagai Kapolrestabes Bandung, dia menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah kantor media massa, termasuk Pikiran Rakyat. Dalam kesempatan tersebut dia bersilaturahmi, menyampaikan terima kasih atas kemitraan yang sudah terjalin, sekaligus berpamitan sebelum meninggalkan Kota Bandung.

Hendro selanjutnya akan menempati posisi sebagai Karo Provos Div Propam Mabes Polri. Sementara itu, Irman Sugema yang saat ini mengemban amanah Kapolrestabes Bandung sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Provos Div Propam Mabes Polri.***

Baca Juga

Polisi Tembak Kaki Penjahat Jalanan yang Menodong Pedagang Roti

BANDUNG, (PR).- Dua orang penjahat jalanan ditangkap setelah merampas barang di kawasan Lodaya Kota Bandung. Korban merupakan pedagang roti yang baru pulang berjualan. Sebilah senjata tajam digunakan untuk mengancam korban.