HUT ke-73 RI, Atraksi Seni di Bandung Barat Pecahkan Rekor

Tradisi/CECEP WIJAYA/PR
PERAGAAN seni budaya dan kostum adat nusantara semarakkan peringatan Kemerdekaan RI di kawasan Floating Market Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 17 Agustus 2018.

MEMPERINGATI Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI, peragaan berbagai pakaian tradisional ditampilkan di kawasan Floating Market Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 17 Agustus 2018. Kostum pakaian adat tersebut sedikit dimodifikasi namun tetap mempertahankan keautentikannya. 

Tak hanya pakaian adat, dalam kegiatan itu juga ditampilkan atraksi seni tradisi dan budaya berbagai daerah di Indonesia. Keunikan dan kekhasan pertunjukan ini pun mencatatkan rekor pada Original Rekor Indonesia (ORI).

Penampilan tersebut cukup menarik perhatian para pengunjung. Asep (30), pengunjung asal Subang misalnya, tertarik dengan peragaan kostum tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kostumnya unik dan khas. Ternyata, negara kita kaya akan budaya. Dan memang ini perlu dilestarikan, seperti dalam kegiatan seperti ini," ujarnya.

Penyelenggara kegiatan, Popong Sopia Essen mengungkapkan, keragaman budaya menjadi aset berharga bagi bangsa Indonesia. Peragaan busana tradisional diharapkan bisa menambah kecintaan masyarakat terhadap negeri ini.

"Memang, pakaiannya sedikit dimodifikasi ke fashion modern. Namun, setidaknya hal ini bisa membangkitkan semangat kebangsaan bagi masyarakat untuk lebih mencintai Indonesia," ujarnya.

Di kawasan Floating Market, berbagai kostum tradisional dari 34 provinsi di Indonesia tersedia di gerai Window of Indonesia. Kostum tersebut bisa dikenakan pengunjung dengan harga sewa Rp 50.000/ jam.

Daya tarik wisata

Pemilik Floating Market Lembang, Perry Tristianto Tedja mengungkapkan, kehadiran gerai pakaian adat tradisional ini juga bagian dari upaya pelestarian budaya Indonesia. Jika dikemas dengan baik, budaya pun menjadi daya tarik tersendiri bagi sektor pariwisata.

"Dari data yang disampaikan kementerian, faktor penunjang pariwisata itu 65 persennya culture (budaya), sisanya infrastruktur dan lain-lain. Jadi, saya berpegang pada data itu," katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini pengunjung Floating Mareket berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dengan demikian, mereka pun bisa mengenakan pakaian adat dari daerah sendiri ketika berkunjung ke Lembang.

Presiden ORI Agung Elfianto mengapresiasi kehadiran atraksi seni dan budaya daerah di kawasan objek wisata tersebut. Dia berharap agar seni tradisi semakin mendapatkan ruang yang representatif untuk ditampilkan kepada publik.

"Khususnya seni dan budaya di Jabar agar lebih banyak mendapatkan ruang. Kesenian tradisional juga bisa berkolaborasi dengan seni modern, sehingga pertunjukannya lebih menarik," tuturnya.***

You voted 'sedih'.

Baca Juga

Sampai Juli 2018, Ada 323 Kasus HIV di Bandung Barat

NGAMPRAH, (PR).- Tren kasus penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat terus meningkat dari tahun ke tahun. Komisi Penanggulangan AIDS setempat melaporkan, secara kumulatif sejak 2011 hingga Juli 2018, ada 323 kasus yang terungkap.