Tak Memenuhi Syarat, Lima Bakal Caleg di Bandung Barat Gugur

Ilustrasi/ANTARA
Pendaftaran Caleg.*

NGAMPRAH, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat menyatakan 5 bakal calon legislatif gugur dari pencalonan lantaran tidak memenuhi persyaratan. Kelima bacaleg ini dicoret dari daftar calon sementara (DCS) karena tidak melengkapi dokumen hingga batas waktu yang ditentukan.

"Kelima bacaleg ini di antaranya berasal dari PBB dan Hanura. Ada 3 perempuan dan 2 laki-laki," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Iing Nurdin kepada Pikiran Rakyat, Selasa 14 Agustus 2018.

Dengan gugurnya kelima bacaleg itu, lanjut dia, total bacaleg yang terdaftar di DCS saat ini yaitu 646 orang. Mereka berasal dari 16 parpol di Bandung Barat. Bacaleg yang masuk DCS dipastikan sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan.

Uji publik

Dia mengungkapkan, tahapan selanjutnya yaitu meminta tanggapan masyarakat terkait dengan para bacaleg yang masuk DCS. Tanggapan tersebut untuk memastikan para bacaleg ini bebas dari berbagai kasus.

"Kami tunggu tanggapan masyarakat sampai 21 Agustus. Kalau tidak ada tanggapan, DCS akan ditetapkan menjadi DPT pada 20 September," ujarnya.

Jika ada tanggapan negatif terhadap bacaleg dari masyarakat, menurut dia, hal itu akan dikonfirmasikan kembali kepada bacaleg tersebut dan juga parpol pengusungnya. Namun, Iing optimistis bacaleg yang terdaftar di DCS sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Pada awal pendaftaran pun, kami minta SKCK dari kepolisian dan keterangan dari pengadilan bahwa yang bersangkutan tidak terkait dengan kasus apa pun, apalagi korupsi," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Daerah DPC Partai Gerindra Bandung Barat, Yadi Hendradi mengungkapkan, ke-50 bacaleg yang diajukan partainya lolos ke DCS. Hal ini membuktikan para bacaleg dari partainya telah memenuhi persyaratan. 

"Termasuk keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen juga kami penuhi. Makanya, semuanya lolos," ujarnya. Dia menambahkan, partainya menargetkan perolehan 10 kursi di Pileg 2019, meningkat 2 kali lipat dari jumlah kursi Gerindra di DPRD sekarang.***

Baca Juga