5 Bakal Caleg di Cimahi Mengundurkan Diri

Ilustrasi/ANTARA
Pendaftaran Caleg.*

CIMAHI, (PR).- Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang ditetapkan dalam  Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berjumlah 565 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan 5 orang dibanding pengajuan parpol dengan alasan mengundurkan diri.

Ketua KPU Kota Cimahi, Dadan Fadilah Rivai mengatakan, jumlah DCS yang ditetapkan tertuang dalam surat keputusan KPU Kota Cimahi per tanggal 11 Agustus 2019.

"Lima orang yang gugur dari DCS Pileg 2019 di Kota Cimahi itu mengundurkan diri dari pencalonan," ujarnya, Senin 13 Agustus 2018. 

Berdasarkan data KPU Kota Cimahi, jumlah bacaleg pada DCS Pileg 2019 di Kota Cimahi mencapai 565 orang yang didaftarkan 16 partai politik di Kota Cimahi. Jumlah keterwakilan perempuan calon wakil rakyat mencapai 213 orang dan memenuhi aturan keterwakilan perempuan 30%, sedangkan laki-laki mencapai 352 orang.

Mereka yang mengajukan pengunduran diri terdiri dari satu orang dari P-Garuda dan empat orang lain dari PSI. "Dari 16 parpol, tidak semua parpol mendaftarkan bacaleg sesuai jumlah kursi legislatif di DPRD Kota Cimahi. Partai Garuda hanya mendaftarkan 22 Bacaleg, PBB 11 Bacaleg dan PSI 42 Bacaleg," terangnya.

Uji publik

Setelah penetapan, maka data DCS Pileg 2019 akan diuji publik ke masyarakat untuk meminta tanggapan dan masukan. Tahapan tersebut akan dilaksanakan 12-21 Agustus 2018.

"Apabila dalam proses tanggapan masyarakat ada data laporan yang masuk tentang para calon, seperti masalah ijazah, maka pihaknya akan memprosesnya. Bahkan, bila ada laporan dan dapat dibuktikan calon bermasalah, maka partai politik diperbolehkan untuk menggantinya," ungkapnya.

Pada tanggal 22-28 Agustus 2018, KPU Kota Cimahi akan melaksanakan tahapan permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap DCS yang sudah ditetapkan.

"Nanti parpol bisa mengajukan pergantian sesuai dengan ketentuan berlaku. Tanggapan dari masyarakat akan sampaikan secara resmi kepada partai politik," kata dia.

Dadan melanjutkan, untuk menampung aspirasi dari masyarakat terkait hasil DCS, pihaknya menyediakan kotak laporan. Kotak tersebut disediakan di Sekretariat KPU Kota Cimahi Jalan Pesantren Kota Cimahi.

"Nanti laporan dan tanggapan dari masyarakat tinggal dimasukkan ke kotak tersebut," terangnya.

Setelah hasil tanggapan diberikan kepada partai politik, maka pada 19-31 Agustus partai politik harus menyerahkan hasil klarifikasi perbaikan DCS ke KPU Kota Cimahi.

Tahapan selanjutnya, ialah pemberitahuan pengganti DCS pada 1-3 September. Bila ada penggantian DCS, KPU memberikan waktu pada 4-10 September. Pengganti DCS itu akan diverifikasi pada 11-13 September.

Selanjutnya, tahapan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kota Cimahi akan dilaksanakan 14-20 September. "Pengumuman DCT itu tanggal 21-23 September 2018," tandasnya. ***

Baca Juga

BPJS Kesehatan Juga Menunggak 3 Bulan pada RSUD Cibabat

CIMAHI, (PR).- Klaim pembayaran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menunggak selama 3 bulan terakhir ke RSUD Cibabat. Hal tersebut sedikit banyak berpengaruh terhadap pelayanan di rumah sakit tersebut.