PKL dan Parkir Liar Merajalela, Jalan Gandawijaya Cimahi Makin Semerawut

Kawasan Jalan Gandawijaya, Cimahi/RIRIN NF/PR

CIMAHI, (PR).- Kondisi kawasan Gandawijaya, Cimahi semakin semerawut pada H-1 Idulfitri, Kamis 14 Juni 2018.  Hal itu memicu kemacetan. Kendaraan terpaksa merayap karena banyak masyarakat berlalu lalang di kawasan perbelanjaan tersebut.

Ruas trotoar yang penuh sesak oleh PKL membuat pejalan kaki berdesakan di trotoar dan bahkan mereka akhirnya berjalan kaki di bahu jalan. Belum lagi parkir liar sepeda motor di bahu jalan bagian  kanan. Padahal, di lokasi itu terpasang rambu larangan parkir.

Warga pengunjung kawasan Gandawijaya, Susan (32) mengatakan, dia senang berbelanja di Gandawijaya pada hari terakhir menjelang Lebaran. "Suka banyak diskon, biar berdesakan juga. Bisa hemat dapat banyak," ucapnya.

Salah seorang pedagang, Ujang (32) mengatakan, dia berjualan di trotoar karena melihat pedagang lain. "Selama masih bisa jualan, ya, gelar dagangan saja. Lumayan," katanya.

Menurut Ujang, Gandawijaya merupakan lokasi yang paling ramai dikunjungi warga yang berbelanja dibanding daerah lain. "Jadi, saya bakal bertahan di sini sampai Lebaran, menghabiskan barang dagangan," katanya.

Sebelumnya, Pemkot Cimahi memberi batas waktu hingga malam Idulfitri bagi PKL untuk berjualan di zona terlarang. Setelah itu, penegakan hukum bakal diterapkan.

"Keberadaan mereka tidak dibenarkan. Tapi Lebaran momentum sulit kalau kami lakukan penindakan langsung. Setelah Lebaran, ini harus dibereskan semua, tidak ada lagi toleransi," ujar Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di Kompleks Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Selasa 12 Juni 2018.

Ajay menyatakan, dia sebetulnya tak ingin memberi toleransi terhadap para pelanggar Perda tersebut. Namun, banyak pedagang beralasan mencari berkah Ramadan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Habis Lebaran tidak ada tolerasi. Insya Allah akan ditertibkan, aturan harus ditegakkan. Maksimal sampai pukul 00.00 Idulfitri jangan ada lagi yang berjualan di jalur merah," katanya.***

Baca Juga