Nobar Piala Dunia 2018 Saat Lebaran Bisa Tingkatkan Keamanan

Piala Dunia 2018/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung meminta aparat kewilayahan dari tingkat kelurahan hingga RW menggelar nonton bareng Piala Dunia 2018 terutama saat masih dalam situasi libur Lebaran.

"Saya mengimbau ke seluruh kepala wilayah, kebetulan malam takbiran hari pertama, dimulai gelaran Piala Dunia. Jadi, diadakan nobar tapi saat hari kedua Lebaran," ujar Pejabat Sementara Wali Kota Bandung Muhammad Solihin saat meninjau kelancaran arus mudik di Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung, Kamis 14 Juni 2018.

Menurut Muhammad Solihin, kegiatan nonton bareng Piala Dunia 2018 di setiap wilayah dimaksudkan agar masyarakat bersama aparat keamanan setempat membuat pusat kegiatan, terutama ketika banyak rumah yang tinggalkan pemiliknya.

Dengan adanya pusat kegiatan di setiap RW, situasi kamtibmas akan terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, gelaran nonton bareng Piala Dunia 2018 juga akan semakin mempererat hubungan antarwarga.

"Kita juga menjaga kondisi kamtibmas Kota Bandung dan kita bisa menjaga lingkungan masing-masing. Misalnya, kalau ada orang yang tidak dikenal, kan bisa ditanya," kata dia seperti dilaporkan Antara.

Untuk fasilitas seperti proyektor, kata dia, khusus untuk masyarakat di tingkat RW, bisa meminjamnya ke kelurahan atau kecamatan setempat.

"Fasilitasnya bisa dari siapapun, kalau bisa oleh pengurus (kewilayahan). Jadi, nanti semua orang berkumpul, bisa ngopi bareng, jaga lingkungan bareng," kata dia.

Takbir keliling

Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakatnya untuk tidak menggelar takbir keliling di ruas-ruas jalan protokol dan lebih menganjurkan pelaksanaan takbiran di masjid-masjid.

"Saya lebih menganjurkan takbiran di masjid masing-masing, tidak usah takbiran keliling," ujar Muhammad Solihin.

Dia mengatakan, imbauan tersebut disampaikan dengan maksud untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti membuat kemacetan dan kecelakaan.

Menurutnya, akan lebih baik jika masyarakat, khususnya pemuda, menggelar takbiran di lingkungan RW-nya masing-masing.

Selain menghindari kemacetan, juga untuk menjaga keamanan wilayah seiring banyaknya rumah yang ditinggal mudik pemiliknya.

"Banyak risikonya kalau takbir keliling. Jadi, lebih baik kalau mau keliling, di RW-nya masing-masing," kata dia.***

Baca Juga

Suhu Udara Bandung Mencapai Titik Terendah

BANDUNG, (PR).- Prakirawan BMKG Bandung Jadi Hendarmin menginformasikan, suhu udara di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya pada Rabu 4 Juli 2018 malam dan Kamis 5 Juli 2018 dini hari mencapai titik terendahnya yakni 17,6 derajat celsius.

Mochamad Iriawan Pantau Arus Balik Lebaran di Cileunyi

SOREANG, (PR).- Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan memantau kondisi arus balik Lebaran 2018 di pos Pelayanan Lebaran Polres Bandung di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu 20 Juni 2018.