Difasilitasi Mancing Bareng, KASBI Kota Cimahi Pilih Turun ke Jalan Peringati Hari Buruh 2018

Aksi KASBI/RIRIN NF/PR

CIMAHI, (PR).- Peringati Hari Buruh Internasional, ratusan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Kota Cimahi menggelar aksi turun ke jalan, Selasa 1 Mei 2018. Meski pemerintah mengiming-imingi fasilitasi peringatan Hari Buruh 2018 dengan adanya mincing bareng.

Aksi May Day tetap berlangsung karena buruh menilai perjuangan kesejahteraan buruh harus terus digaungkan.

Aksi buruh diawali dengan titik kumpul di pabrik PT Kahatex Kel. Utama Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi. Bergerak dengan longmarch, para buruh berkaus merah yang mayoritas perempuan berjalan kaki sambil bergantian berorasi menyuarakan pendapat.

Rombongan buruh sesekali memasuki area pabrik untuk membagikan selebaran berisi tuntutan buruh. Mereka juga sempat membagikannya kepada masyarakat yang melintas. Rencananya mereka akan bergabung dengan buruh se-Bandung Raya di Gedung Sate Bandung.

Siti Eni, Koordinator Departemen Perjuangan Buruh Perempuan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Kota Cimahi, mengatakan, aksi buruh bakal terus dilakukan pada peringatan May Day.

"Perjuangan kesejahteraan buruh jangan sampai kendor. Kalau bukan oleh buruh, oleh siapa lagi," ujarnya.

May Day memiliki arti bagi buruh sebagai hari kemenangan dengan diperolehnya hak 8 jam bekerja, 8 jam beristirahat, dan 8 jam untuk kehidupan sosial.

"Namun buruh perempuan masih mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari pemerintah dan perusahaan, hanya untuk cuti haid dan cuti hamil pun sangat sulit. Buruh harus punya kehidupan sosial juga, bukan hanya bekerja. Pemerintah minim dalam mengaplikasikan aturan ketenagakerjaan dan pengawasan terhadap perusahaan untuk pemenuhan hak buruh yang selama ini masih kerap diabaikan," katanya.

Peringatan Hari Buruh 2018  akan difasilitasi Pemkot Cimahi dalam bentuk kegiatan mancing bareng. Menurut Eni, KASBI Kota Cimahi tak mempermasalahkan kegiatan tersebut namun tidak akan menyurutkan aksi Hari Buruh 2018. "Silahkan terkait kegiatan mancing, asal tidak mengganggu prinsip kami. Kegiatan agenda may day tetap kami jalankan," ungkapnya.

Mancing bareng ratusan buruh

Sementara itu, May Day tingkat Kota Cimahi akan diisi dengan kegiatan Mancing Bersama yang dilaksanakan di Alam Wisata Cimahi Jalan Kolonel Masturi Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara. Kegiatan bakal berlangsung hari ini 1 Mei 2018.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi, Asep Herman mengatakan, berdasarkan hasil rapat yang dilakukan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit beberapa waktu lalu, kegiatan seremonial peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018 sudah disepakati.

"Dalam rapat tersebut seluruh keanggotaan LKS Tripartit sepakat membentuk kepanitiaan peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018," kata Asep.

Program yang akan dilaksanakan dalam puncak peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018 diantaranya mancing bersama dan disiapkan pula doorprize menarik dan hiburan.

"Kali ini kita peringati hari buruh sedunia dengan kegiatan mancing bersama karena tahun ini tahun politik, jadi kegiatannya untuk mempererat tali silaturahmi antara Serikat Pekerja (SP), Apindo, dan pemerintah," ungkap Asep.

Pihaknya menargetkan 600 orang yang akan mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Buruh 2018 dari seluruh SP di Kota Cimahi sebanyak 6 SP, yakni Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 92, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SFPMI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), dan Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI).

"Kita harapkan semua teman-teman dari SP, dan pengusaha bisa ikut memeriahkan acara peringatan hari buruh sedunia tingkat Kota Cimahi nanti," katanya.***

Baca Juga