Kesehatan Pengemudi Turut Jadi Sasaran Operasi Patuh Lodaya

Operasi Patuh Lodaya/RIRIN N.F/PR
Pengemudi turut jadi sasaran pemeriksaan Operasi Patuh Lodaya Polres Cimahi 2018.*

CIMAHI, (PR).- Pengemudi turut jadi sasaran pemeriksaan Operasi Patuh Lodaya Polres Cimahi 2018. Hal itu dilakukan demi memastikan kesehatan pengemudi layak mengendarai kendaraan karena menyangkut keselamatan penumpang.

Operasi tersebut dilakukan di lokasi yang kerap luput dari perhatian yaitu rest area jalan tol di KM 125 Kel. Cibeber Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi, Kamis, 26 April 2018.

Kendaraan angkutan barang dan angkutan orang yang masuk ke rest area digiring petugas untuk diperiksa kendaraan dan kelengkapan surat-surat. Sementara itu, para pengemudi  menjalani pemeriksaan kesehatan dan dilakukan tes urine sebagai upaya deteksi narkoba.

"Kami lakukan pemeriksaan kepada para supir angkutan baik angkutan barang ataupun angkutan orang. Kami ingin memastikan pengemudi bebas narkoba," ujar Kapolres Cimahi AKBP Rusdi Pramana Suryanaga didampingi Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan razia bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para pengguna jalan, khususnya bagi penumpang angkutan umum agar keselamatannya terlindungi.

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjutnya, merupakan suatu bentuk jaminan kepada masyarakat terutama penumpang bus yang hendak melakukan perjalanan jauh.

"Kami ingin menjamin sopir kendaraan umum, kondisi fisiknya sehat. Kalau betul-betul sehat, silahkan lanjutkan perjalanan, kalau kurang sehat bisa istirahat dulu atau bahkan kami akan minta PO bus nya ganti sopir," katanya.

Sementara hasil pemeriksaan tes urine kepada para sopir, Rusdy mengaku bersyukur belum ada yang terindikasi menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan terlarang ataupun minum keras. "Namun, jika ada yang terbukti akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tentunya ini kita lakukan demi keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas. Dan ini merupakan kepentingan bersama," tuturnya.

Operasi Patuh Lodaya 2018 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 26 April sampai 9 Mei 2018.  Kegiatan ini dalam rangka menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2018, menjadi upaya preemtif dan preventif pencegahan pelanggaran serta langkah represif untuk menindak pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.***

Baca Juga

Langgar Aturan Jarak, Enam Minimarket di Cimahi Disegel

CIMAHI, (PR).- Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi menyegel permanen 6 gerai minimarket di Kota Cimahi, Rabu 25 Juli 2018. Penutupan dilakukan karena minimarket melanggar jarak minimal dengan lokasi minimarket lain.

Perangkat RT-RW Harus Melek Hukum

CIMAHI, (PR).- Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi menggelar sosialisasi Penerangan dan Penyuluhan Hukum dalam rangka Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) di Aula Kantor Kelurahan Karangmekar Jalan Lurah Kota Cimahi, Rabu 8 Agustus 201

Pengguna Narkoba Diimbau Jalani Rehabilitasi Gratis

CIMAHI, (PR).- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi mendorong masyarakat pengguna narkoba untuk menjalani rehabilitasi. Mereka bakal menjalani pengobatan rawat jalan di lembaga yang ditunjuk secara gratis.