Lelang Ulang Proyek Lanjutan Teras Cihampelas

Teras Cihampelas/DOK. HUMAS PEMKOT BANDUNG

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung akan segera melakukan lelang ulang untuk lanjutan proyek Teras Cihampelas tahap dua. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung masih mengkaji pelbagai hal, termasuk mengevaluasi hasil pembangunan Teras Cihampelas yang lalu.

Kepala Bidang Pemeliharaan DPU Kota Bandung Tedi Setiadi menuturkan, saat ini tim masih melakukan kajian sebelum melemparkan proyek ini ke tahapan lelang.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini waktunya lebih leluasa. Kami masih merancang dulu, termasuk keterkaitan dengan lapak khusus PKL (Pedagang Kaki Lima)," tuturnya, saat dihubungi, di Bandung, Senin 19 Februari 2018.

Pembangunan Teras Cihampelas ini merupakan lanjutan dari proyek Teras Cihampelas awal sepanjang 450 meter. Namun, proyek kedua ini akan melanjutkan sekitar 250 meter.

Konstruksi lama akan disambung dengan konstruksi baru. Namun, belum ada kepastian jika proyek lanjutan ini akan mengakomodir lahan untuk PKL. Pada lokasi sebelumnya, Teras Cihampelas merupakan lokasi baru dari pemindahan 197 PKL di Jalan Cihampelas.  

"Kami masih mengkaji fungsi Teras Cihampelas lanjutan ini. Akan dilihat lagi, apakah khusus untuk pejalan kaki," ujar Tedi.

Sesuai fungsinya, Teras Cihampelas juga merupakan jalur khusus pejalan kaki. Sebelum ada fasilitas ini, pejalan kaki berebut ruang dengan para pedagang di trotoar sepanjang Jalan Cihampelas, mulai RS Advent hingga pusat keramaian di wilayah bagian selatan.

Dengan ruang trotoar yang habis oleh parkir kendaraan dan lapak pedagang, pejalan kaki harus mengkases tepi jalan. Lalu lintas kendaraan yang melintas pun ikut terhalang.

Tedi menjelaskan, Teras Cihampelas tahap dua memiliki waktu hingga enam bulan ke depan. Sebelum pengerjaan, Pemkot Bandung akan melakukan sosialisasi kepada warga.

Proses pembangunan kategori jalan dan jembatan ini juga akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. Seperti proyek sebelumnya, proses pembangunan akan memakan ruang dan diperlukan rekayasa lalu lintas.

Desain   

Tedi menambahkan, desain dan material diperkirakan tidak akan banyak berubah. Pelat baja akan menjadi konstruksi utama. Dengan waktu yang lebih leluasa, kata dia, proses lelang diharapkan akan dipersiapkan oleh para peserta lelang.

Rina (38), warga Cibaduyut, berharap Teras Cihampelas lanjutan memberikan nuansa baru ketimbang proyek lama. Dengan begitu, warga bisa mendapatkan sensasi baru, khususnya area untuk swafoto.

"Kalau desain baru lebih bagus, saya yakin ini akan menjadi kebanggaan buat warga Kota Bandung," ujarnya.

Ia pun berharap ada teknologi baru yang bisa menyediakan fasilitas peneduh bagi pengunjung saat hujan turun. Diharapkan, Teras Cihampelas sambungan ini akan memberikan keleluasaan ruang saat kunjungan meningkat terutama di akhir pekan.***

Baca Juga

Bandung Butuh Penitipan Anak yang Dijamin Pemkot

BANDUNG, (PR),- Sambil halalbihalal bersama warga, pasangan Pilwalkot Bandung 2018 nomor urut 1, Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) terus bergerak turun ke masyarakat untuk menyosialisasikan program.